Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Anda Didiagnosa Diabetes

Ketika Anda Didiagnosa Diabetes

Manusia mana yang ingin terkena penyakit dalam hidupnya. Kalau boleh bilang amit-amit deh ya terkena penyakit. Bahkan kalau bisa demam saja jangan sampai deh karena demam pun rasanya tidak enak di badan. 

Saya pribadi selalu punya prinsip jangan pernah sakit. Hal ini dikarenakan kalau sakit maka tidak ada yang mencuci baju, mencuci piring di rumah sementara ibu saya sudah lansia. Saya juga harus mengurus suami, kalau saya sakit siapa yang mengurus suami. Maka dari itu, jika badan sudah terasa tidak enak segera saya "bom" dengan vitamin atau obat penurun demam misalnya. Hal ini agar badan saya kembali pulih dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Namun tidak ada yang pernah tahu kapan kita akan terkena suatu penyakit. Selain berusaha untuk selalu menjaga kesehatan, berdoa terus menerus kepada Tuhan Yang Maha Kuasa tentu menjadi keharusan agar kita terhindar dari segala musibah dan penyakit.

Salah satu penyakit yang mungkin ditakutin oleh manusia di seluruh dunia adalah diabetes atau  kencing manis. Diabetes merupakan penyakit yang ditandai oleh terlalu banyak kadar gula di dalam darah manusia. Selain faktor keturunan, diabetes juga disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dilakukan oleh seseorang. Misalnya saja seseorang yang mengonsumsi terlalu banyak minuman kemasan dimana mengandung kadar gula tinggi, maka lembat lain akan terkena diabetes. Minuman soda yang dijual di supermarket mengandung kadar gula tinggi, sehingga apabila diminum terlalu banyak juga tidak baik untuk tubuh.

Ada beberapa gejala ketika seseorang terkena diabetes, antara lain:
  • Sering buang air kecil
  • Merasa mudah lelah dalam melakukan aktivitas fisik
  • Sering merasa haus meskipun sudah minum air
  • Terjadi penurunan berat badan walaupun tidak sedang menjalani program diet.
Tentu saja sebagian orang tidak akan sadar ketika terserang diabetes atau kencing manis. Umumnya mereka akan mengalami gejala seperti yang saya sebutkan di atas. Meskipun gejala di atas bukan hal mutlak, namun tidak ada salahnya kita antisipasi dengan berkonsultasi ke dokter.

Sebenarnya cara untuk mengetahui apakah kadar gula dalam darah kita tinggi itu mudah sekali. Saat ini ada banyak dijual produk alat tes gula darah di pasaran. Cara pakainya juga mudah sekali. Kita bisa mengetahui apakah gula darah berada dalam batas normal atau tidak dengan membeli alat tes gula darah ini.

Jika hasil dari tes mandiri menunjukkan gula darah kita tinggi, maka langkah selanjutnya adalah segera datang  ke klinik  kesehatan terdekat untuk melakukan tes gula darah. Hal ini bertujuan agar klinik laboratorim tempat kita melakukan tes gula darah, mengeluarkan surat hasil tes tersebut. Adanya hasil tes secara tertulis dapat kita serahkan ke dokter untuk kemudian dilakukan perawatan lebih lanjut.

Ketika dokter sudah mendiagnosa Anda terkena diabetes, maka tak perlu panik. Tetap minum obat yang sudah diresepkan oleh dokter. Lakukan 3 langkah berikut setelah Anda tahu kalau Anda sudah mengidap diabetes, yaitu:

1. Jaga Pola Makan

Tentu saja penderita diabetes harus membatasi kadar glukosa yang dikonsumsi. Namun bukan berarti hilang begitu saja, karena manusia akan merasa lemas apabila kekurangan glukosa dalam tubuhnya.

Kurangi makanan dan minuman yang mengandung karbohodrat tinggi. Ganti beras putih dengan beras merah dan perbanyak konsumsi sayuran dan buah dengan kadar gula rendah. Ingat bahwa buah-buahan ada juga yang memiliki kadar gula tinggi, sehingga Anda harus selektif untuk memilih.

Anda yang biasanya suka konsumsi minuman dalam kemasan, maka cobalah untuk berhenti dan ganti dengan air putih atau jus buah. Tentu saja jus buah tanpa campuran gula.

2. Minum Obat Secara Teratur

Mau tidak mau, ketika Anda sudah didiagnosa terkena diabates, maka dokter akan memberi resep berupan obat-obatan penurun kadar gula, seperti Metformin dan Acarbose. Atas resep dokter, Anda diminta untuk minum sesuai anjuran.

Apabila terlewatkan untuk konsumsi obat penurun kadar gula maka konsekuensinya gula darah akan menjadi tinggi kembali. Oleh sebab itu, patuhi petunjuk dokter setiap kali Anda berkonsultasi.

3. Lakukan Pola Hidup Sehat

Penderita diabetes juga dapat menikmati hidup sebagaimana manusia lainnya. Tidak ada halangan untuk tetap beraktivitas. Dianjurkan bagi kalian penderita diabetes untuk rutin berolahraga agar gula darah tetap terjaga dengan baik.

Pola hidup sehat yang perlu dilakukan juga adalah dengan tidak merokok dan menghindari minum alkkohol. Tentu saja minum alkohol berlebihan akan merusak fungsi liver.

Tak perlu panik, apabila dokter mendiagnosa Anda terkena penyakit kencing manis. Lakukan aktivitas seperti biasa dan jangan lupa untuk terus konsumsi obat sesuai yang diresepkan oleh dokter.

Semoga bermanfaat.
Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "3 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Anda Didiagnosa Diabetes"