Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Tidur Siang Bagi Tubuh

 
Tidur Siang

Istirahat selalu identik dengan tidur walau sebenarnya tidak juga ya. Hanya sekadar rebahan dan selonjorkan kaki juga bisa dikatakan istirahat kok. Namun memang tidur bisa dikatakan istirahat yang berkualitas. Saya pribadi bisa dikatakan tidak bisa tidur siang karena harus bekerja. Bahkan di hari sabtu pun, ketika kerja setengah hari, saya tetap tidak bisa tidur siang karena sampai di rumah sudah sore.

Akhirnya saya hanya bisa tidur siang di hari Minggu, atau hari libur nasional. Namun karena tidak terbiasa tidur siang, sehingga sehabis bangun selalu merasakan sakit kepala. Hal ini yang menyebabkan saya tidak berani tidur siang meskipun sedang libur.

Tidur siang memang baik untuk tubuh terutama mengembalikan tenaga setelah seharian beraktivitas. Seharusnya kita bisa tidur siang ketika hari libur. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan kesegaran tubuh setelah seminggu bekerja.

Manfaat Tidur Siang Bagi Tubuh Kita

Baik anak maupun orang dewasa memang dianjurkan untuk tidur. Apalagi pada anak-anak dimana mereka sedang dalam masa pertumbuhan, sehingga tidur siang bisa dikatakan waktu istirahat potensial bagi mereka. Tahu sendiri anak-anak paling tidak bisa diam ketika pagi sampai siang hari. Kalau tidak diingatkan untuk tidur siang, rasanya anak-anak akan tetap bermain. 

Lansia juga dianjurkan untuk tidur siang dalam rangka memulihkan energi mereka. Maklum saja, ketika kita sudah menginjak fase lansia, tubuh akan kembali seperti fase anak-anak dimana membutuhkan lebih banyak istirahat dan tidur. Namun tentu saja lansia tidak bermain, hahaha. Lansia cenderung melakukan kegiatan yang lebih santai seperti menonton televisi, merajut, bercocok tanam dan kegiatan lain yang ringan.

1. Membantu Menghilangkan Stress

Tidak munafik, setiap hari bekerja di kantor dan di rumah masih harus melakukan pekerjaan rumah tangga, membuat saya dan mungkin kalian stress. Yang namanya manusia pasti tak lepas dari stress, hanya saja kadar stress masing-masing individu berbeda-beda.

Kalian bisa coba sedikit menghiilangkan stress dengan berbaring sejenak terlelap di siang hari. Satu sampai dua jam cukup untuk sedikit meregangkan otot dan melepaskan stress akibat banyaknya pekerjaan yang harus kita lakukan. Bangun tidur siang pun akan lebih fresh dan segar sehingga kita siap untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Berhubungan dengan point pertama, dengan tidur siang maka secara tidak langsung kita bisa beristirahat dan tidak memikirkan permasalahan yang dihadapi. Tentu saja akan memperbaiki suasana hati yang sedang tidak baik moodnya. Walaupun ketika bangun tidur, kita akan berhadapan dengan masalah tersebut namun setidaknya kita bisa mendinginkan pikiran dan melepaskan emosi.

3. Meningkatkan konsentrasi

Sebagai individu yang tergolong dalam usia produktif, tentu konsentrasi dan daya ingat menjadi faktor utama untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Jangan sampai Anda pikun sebelum waktunya. Kalau lansia menjadi pikun itu wajar dikarenakan faktor usia serta menurunnya beberapa fungsi organ tubuh.

Namun jangan sampai Anda yang masih muda dan berada dalam usia produktif menjadi pikun bahkan sulit untuk berkonsentrasi. Cobalah untuk tidur siang walau hanya sebentar. Di saat tidur siang jangan terlalu memikirkan hal-hal seputar pekerjaan atau kendala hidup lainnya. Fokus saja bahwa Anda harus beristirahat.

Jika Anda berniat untuk mulai membiasakan tidur siang bahkan hanya di hari Minggu, ingatlah bahwa jangan terlalu lama tidur siang. Hal ini dikarenakan pada sebagian orang yang tidur siang, akan sulit tidur di malam harinya. Berkaca dari diri saya pribadi, terlalu lama tidur siang juga mengakibatkan badan lemas dan kepala menjadi sakit. Akibatnya bukan kesegaran yang didapat, namun justru mood menjadi jelek ketika habis tidur siang.

Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian ya!
Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Manfaat Tidur Siang Bagi Tubuh"