Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menulis di Blog Secara Rutin

 
Tips Menulis di Blog

Sebagai seorang blogger rasanya tidak afdhol apabila kalian tidak mengisi blog dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat. Bahkan sekadar curhat pun sebenarnya tak menjadi masalah asal kalian konsisten dengan hal tersebut. Blogger belum disebut blogger apabila tidak konsisten menulis.

Saya pun merasa malu pada diri sendiri karena telah melabeli diri sebagai seorang blogger, walau pernah seminggu tidak menulis sama sekali karena tidak mendapat job. Duh, kok jadi blogger begini amat, hanya mengandalkan job saja. Padahal saya ingin menjadi blogger karena passion akan dunia kepenulisan. 

Akhirnya saya pun memutuskan untuk memaksakan diri menulis di blog walau hanya beberapa menit saja. Malah ada teman saya yang rela bedagang demi menuntaskan tulisan organik di blognya. Keren sih menurut saya!

Saya punya tips menulis di blog secara rutin agar kegiatan tersebut tidak menjadi sesuatu hal yang membosankan. Tips tersebut antara lain:
  • Menulislah walau hanya 20 menit setiap hari
Pada saat suasana Lebaran, jujur saja saya sering kehilangan waktu untuk menulis. Skill saya harus tumpul sejenak ketika Lebaran tiba. Namun saya tidak ingin lengah dengan berada di zona malas.

Saya usahakan di mana saja agar bisa menulis walau hanya 20 menit. Jangan salah, 20 menit itu lama juga untuk Anda yang pemula da untuk saya yang dilanda rasa malas. Namun jika menulis itu adalah passion kalian maka 20 menit bagaikan 60 detik yang cepat berlalu.
  • Buatlah bank tema
Tema menulis itu sangatlah banyak. Sama halnya dengan lirik lagu yang diciptakan oleh musisi, tema menulis itu tak terbatas. Mulai dari apa yang terjadi di dalam keluarga kita sendiri, kisah teman yang bisa dijadikan pelajaran hidup sampai fenomena yang terjadi di masyarakat.

Anda bisa membuat semacam bank tema yang bisa dipakai untuk menulis di blog. Bank tema bisa Anda pakai jika sedang mengalami kebuntuan menulis. Intinya jangan menjadikan alasan sedang buntu menulis karena tidak ada ide ya gaes. Semua hal di dunia ini bisa dijadikan tema kok, asal kita mau dan niat menuangkan ke dalam bentuk tulisan.
  • Bawa buku catatan kecil setiap menemukan ide
Memang kedengarannya kuno ya, harus membawa buku catatan setiap harinya. Kan sekarang sudah zamannya gadget. Tidak harus bawa buku kok, Anda juga bisa mengandalkan gadget untuk menulis ide baru yang mendadak muncul di pikiran.

Saya sering begitu, menemukan ide baru secara dadakan tapi tidak saya catat, sehingga sering lenyap begitu saja. Padahal tema dadakan itu biasanya justru bagus dan berkualitas untuk dijadikan tulisan.
  • Cari inspirasi di setiap kesempatan
Ada yang bilang suka buntu menemuka ide menulis. Menurut saya hal itu kurang tepat. Ide itu dicari, bukan datang dengan sendirinya. Ibaratnya kita harus berikhtiar menjemput ide atau tema untuk menulis.

Saya pribadi pun ketika mendapat job menulis mengenai suatu produk akan berusaha menemukan tema sebagai penghubung jalan cerita yang berkaitan dengan produk itu. 

Intinya, sebagai seorang blogger kita dituntut untuk kreatif dan tidak hanya mengandalkan informasi dari client. Galilah sebanyak mungkin informasi dari sumber lain yang bisa kalian dapatkan. 

Jangan takut untuk mengeksplore segala gagasan untuk dituangkan ke dalam tulisan. Semoga apa yang menjadi tips sederhana ini bisa berguna bagi kalian para blogger. Saya sendiri pun masih belajar, bahkan diusahakan untuk belajar seumur hidup menjadi blogger. Daripada rebahan tidak berguna, saya niatkan menghabiskan sisa usia dengan produktif menulis.

Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Tips Menulis di Blog Secara Rutin"