Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Sederhana Dalam Hidup: Jangan Pernah Gengsi Untuk Melakukannya

 
Hal Sederhana Dalam Hidup
Sumber gambar: Pexels


Pernahkah kalian terpikir bahwa dari hal-hal kecil dalam hidup bisa bermanfaat di kemudian hari. Hal-hal kecil yang kita lakukan bisa sangat berarti bagi orang lain yang mendengarnya. Lho kok bisa? Sebenarnya banyak sekali perkataan atau perbuatan kita yang sederhana namun bermakna bagi orang lain.

Orangtua pastinya mengajarkan kita tata karma serta “unggah-ungguh” kepada orang lain, baik itu yang lebih dewasa atau seusia, memiliki hubungan kekerabatan atau tidak saling kenal sakalipun. Bahkan pimpinan saya perah memberi wejangan kepada seluruh karyawannya akan 3 kata yang mungkin kelihatan sederhana namun apabila kita ucapkan dengan tulus kepada orang lain, akan membawa dampak positif tersendiri.

Apakah 3 kata tersebut, yuk simak ulasan saya berikut

TOLONG

Kata tolong diucapkan apabila kita sebagai manusia meminta bantuan atau pertolongan kepada orang lain. Meskipun hanya sebatas bantuan kecil, namun sebaiknya kita mengucapkan kata “tolong” apabila ingin dibantu oleh orang lain. Secara tidak langsung, sering terlewat kata tolong apabila kita membutuhkan bantuan orang lain. Bahkan di beberapa kasus, ada orang yang cenderung menyuruh atau memerintah orang lain untuk melakukan suatu pekerjaan.

Sebenarnya hal sepele namun dampaknya sangat berarti apabila kita lakukan dalam hidup ini. Bagaimana perasaan Anda apabila pimpinan di perusahaan mengucapkan permintaan tolong kepada Anda untuk melakukan suatu pekerjaan. Padahal sebenarnya tanpa diminta pun, Anda akan melakukannya karena bagian dari kewajiban sebagai seorang karyawan.

Bahkan orang tua saja diharapkan sedari kecil mengajarkan kepada anak untuk selalu mengucapkan kata tolong apabila anak membutuhkan bantuan orang lain. Ada rasa kita dihargai apabila teman, pimpinan atau bahkan orang tua mengucapkan tolong untuk mengerjakan sesuatu hal. 

TERIMA KASIH

Seberapa sering kalian berterima kasih kepada orang lain yang sudah membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Ucapkan terima kasih kepada penjaga parkir di mall mungkin terlihat sepele, karena kita merasa sudah membayar atas kewajiban parkir. Namun posisikan apabila kita yang menjadi petugas parkir itu, dimana ketika menjalankan tugasnya, semua pengemudi kendaraan mengucapkan terima kasih padanya. Tentu ada rasa senang sehingga rasa lelah dalam bekerja akan terlupakan sejenak.

Menurut Sehatq.com, ada beberapa manfaat dari mengucapkan terima kasih, diantaranya:
  1. Membuat hidup kita menjadi terasa ringan
  2. Salah satu bentuk dari rasa syukur yang paling sederhana
  3. Membangun hubungan yang baik dengan manusia lainnya
  4. Meningkatkan harga diri atau self esteem

MAAF

Jangan pernah gengsi untuk meminta maaf, meskipun mungkin kalian tidak membuat kesalahan yang tak fatal. Dalam hidup ini manusia tak luput dari yang namanya melakukan kesalahan. Tentu saja kesalahan itu bisa kepada Tuhan dan sesama manusia. Apabila kesalahan yang diperbuat kepada Tuhan, maka cara kita meminta maaf sebagai muslim adalah dengan melalui doa dan sujud ketika sholat lima waktu.

Namun apabila kesalahan yang telanjur diperbuat kepada sesama manusia, maka jalam yang terbaik adalah dengan meminta maaf. Hal ini dikarenakan permohonan maaf merupakan bentuk dari tanggung jawab manusia untuk menebus kesalahan yang telah diperbuat. Tentunya kita berharap agar permohonan maaf tersebut diterima oleh orang lain.

Penutup

Jangan pernah meremehkan hal sederhana dalam hidup ini, karena bisa jadi dari hal sederhana inilah kalian akan diingat oleh banyak orang. Sebagai blogger perempuan yang baru 3 tahun ini aktif ngeblog, saya mulai mencoba melakukan hal-hal sederhana yang dampaknya bisa berguna untuk saya di masa depan kelak.

Sebagai contoh ketika menerima suatu job menulis, maka saya berusaha untuk mengerjakan dengan tepat waktu, bahkan kalau bisa sebelum deadline pun akan saya selesaikan. Hal ini saya lakukan untuk melatih kedisiplinan dalam menulis dan juga memberi rasa percaya kepada client yang sudah mempercayakan sebuah tulisan mengenai produknya kepada saya.

Jika di pekerjaan pun, saya berusaha untuk menjalin hubungan baik dengan client. Karena di kantor saya bergerak di bidang jasa, maka apabila ada client yang tidak puas dengan hasil kerja teknisi, maka tentunya saya selaku divisi marketing support akan meminta maaf atas pelayanan yang kurang maksimal, dan berjanji untuk memperbaiknya.

Hal sederhana dalam hidup mungkin bagi sebagian orang terkesan sepele namun saya berusaha untuk mengpalikasikan di kehidupan sehari-hari. Selain itu juga jangan mudah percaya akan suatu berita yang belum tentu valid kebenaran datanya. Seperti ketika saya mengikuti suatu webinar yang menampilkan narasumber literasi digital, disampaikan bahwa kita jangan mudah percaya akan berita hoaks yang tersebar di Whatsapp Group. Kejadian ini sering menimpa ibu saya, dan beliau terkadang merasa yakin informasi yang diterima di grup Whatsapp pensiunan itu benar adanya. 

Seya selalu berusaha meyakinkan Ibu untuk jangan mudah percaya dengan hoaks, sambil tentunya meminta maaf apabila apa yang saya sampaikan terlalu tegas dan Ibu kurang bisa menerima.

Hal sederhana dalam hidup setiap orang berbeda-beda. Kalian bisa menemukan hal sederhana lainnya dimana mungkin bisa menjadi motivasi untuk menjalani hidup yang lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat.
Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

1 komentar untuk "Hal Sederhana Dalam Hidup: Jangan Pernah Gengsi Untuk Melakukannya"

  1. saya melihat anak jaman sekarang ini kurang sopan dibandingkan generasi saya, jadi pr untuk yang mempunyai anak jaman sekarang kudu lebih ekstra mengajari sopan santun kepada orang lain

    BalasHapus