Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Rasa Bosan di Rumah, Lakukan Dengan Sederhana

Cara Mengatasi Rasa Bosan di Rumah


Sebagai emak blogger, saya kagum pada beberapa teman saya yang bercerita bagaimana kisah seru membagi waktu antara kegiatan menulis dan mengurus anak. Ada yang mengajar sambil tetap eksis menekuni profesinya sebagai blogger, namun ada juga yang bahkan bekerja sebagai pegawai kantoran namun tak pernah absen mengikuti setiap aktivitas sebagai blogger, sebut saja blogwalking, membuat konten bahkan rutin menulis meskipun itu tulisan organik. Padahal kegiatan mengurus rumah tangga itu berat dan saya kagum kepada semua emak blogger yang sanggup membagi waktu antara profesi dan juga tanggung jawab sebagai istri sekaligus ibu.

Sebagai manusia biasa, kita pasti pernah mengalami rasa bosan ketika berada di rumah, baik itu ibu rumah tangga yang seluruh waktunya tercurahkan untuk mengurus anak dan suami, maupun ibu rumah tangga bekerja sekaligus juga menunaikan tanggung jawab sebagai istri dan juga ibu.

Ketika rasa bosan sudah melanda, maka saran saya adalah mencari solusi kegiatan agar kebosanan itu hilang seketika. Sebab jika hanya mengeluh tanpa ada solusi, saya yakin rasa bosan akan sering-sering menerpa kita, para ibu rumah tangga.

Atasi Rasa Bosan Dengan Hal Bermanfaat

Berkutat dengan pekerjaan rumah tangga tentunya akan sangat melelahkan. Belum lagi jika Anda bekerja di kantor, dan kebetulan sedang ada kendala di pekerjaan. Pulang kerja inginnya bisa langsung rebahan, namun apa daya, tugas rumah tangga ada yang harus diselesaikan sesegera mungkin.

Bosan di rumah dengan aktivitas yang itu-itu saja tentu meresahkan hati. Apalagi jika sampai timbul stress dan sakit. Hati tidak tenang, fisik pun melemah. Kita tidak mau donk, perkara bosan di rumah menyebabkan sakit fisik dan juga sakit mental.

Oleh karena itu carilah aktivitas yang bisa menghilangkan rasa bosan ketika telah berkutat sepanjang waktu dengan segala pekerjaan rumah tangga. Berikut akvititas yang bisa membuat Anda dapat mengatasi rasa bosan di rumah:

1. Mengerjakan Hobi

Mungkin kita sebagai ibu rumah tangga memiliki hobi namun sering tidak menyadarinya. Atau ketika belum menikah, kita sering melakukan hobi tersebut namun ketika sudah menikah, saking disibukkan dengan aktivitas keseharian maka jadi lupa akan hobi tersebut.

Cobalah Anda ingat-ingat hobi apa saja yang dulu sering dilakukan. Apakah memasak, bercocok tanam di kebun atau menulis? Jika ibu rumah tangga memiliki hobi menulis, maka jangan buang waktu dan segera hidupkan kembali hobi Anda tersebut.

Anda bisa menyalurkan hobi menulis dengan mencoba melatih serta mengasah kemampuan menulis lalu kirimkan ke beberapa website yang menerima artikel. Tentunya selain menyalurkan hobi lama yang terpendam, jika beruntung Anda bisa mendapatkan penghasilan lho.

Namu hobi yang sudah lama tidak Anda kerjakan biasanya harus dibangkitkan lagi semangat untuk melakukannya. Pelan-pelan saja tidak usah terburu-buru, yang penting buat diri Anda tidak merasa bosan ketika di rumah.

2. Window Shopping

Window Shopping tidak identik dengan berbelanja menghabiskan uang kok. Ada kalanya kita sebagai ibu rumah tangga butuh untuk sendirian bepergian hanya ke Indomaret atau Alfamart misalnya. Melihat berjejer camilan di rak Indomaret bagi saya kok sudah merupakan hiburan tersendiri ya.

Kalau ada uang maka tak salah kok jika Anda berbelanja menggunakan uang tersebut untuk window shopping asal sudah ada takarannya. Luangkan waktu untuk hanya sekadar melihat-lihat isi mall juga bagian dari cara mengatasi bosan di rumah.

3. Olahraga

Apa iya olahraga bisa mengatasi rasa bosan ketika di rumah? Kalau saya pribadi bisa banget karena dengan olahraga artinya kita melakukan aktivitas fisik yang membakar kalori tubuh. Setelah itu badan akan terasa lelah dan tak mustahil akan tertidur untuk melepaskan rasa lelah tersebut.

Terkadang ketika ingat dengan pekerjaan rumah yang seabrek ada rasa enggan untuk beristirahat. Seolah-oleh kita sebagai ibu rumah tangga justru tidak bisa tidur manakala tugas domestik masih menumpuk.

Maka cobalah untuk berolahraga sembari lepaskan beban pikiran akan pekerjaan rumah tangga yang seabrek itu. Setelah selesai olahraga, segera istirahat dengan tidur cukup agar ketika bangun, badan dan pikiran menjadi fresh kembali.

4. Merawat Diri

Tak ada salahnya lakukan perawatan tubuh untuk me time bagi kita ibu rumah tangga. Anggap saja sebagai apresiasi bagi diri kita sendiri karena telah bekerja keras untuk membuat anggota keluarga bahagia.

Me time bukan egois tapi sebagai perwujudan rasa cinta terhadap diri sendiri. Jika budget terbatas untuk melakukan perawatan tubuh di salon ataupun spa, jangan berkecil hati. Anda bisa membeli lulur, masker dan body scrub lalu lakukan perawatan tubuh di rumah. Setelah itu rasakan kesegaran sehabis melakukan perawatan tubuh, lalu pikiran pun akan menjadi segar kembali. Kita pun mungkin sudah lupa dengan yang namanya rasa bosan.

Demikian tips sederhana dari saya untuk kalian para ibu rumah tangga dalam upaya mengatasi rasa bosan di rumah. Semoga bermanfaat.
Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Rasa Bosan di Rumah, Lakukan Dengan Sederhana"