Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Tepat Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

 
Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Kalau Anda saat ini sedang berencana melanjutkan perkuliahan, maka mulai sekarang coba pikirkan jurusan apa yang tepat untuk tahun depan. Hal ini dikarenakan tahun ajaran baru selalu dimulai sekitar bulan Agustus sampai September setiap tahunnya. So, masih ada beberapa bulan untuk memikirkannya.

Jadi saya ingin bercerita sedikit mengenai pengalaman saya ketika hendak berkuliah. Sejujurnya saya sama sekali tidak ada gambaran ingin kuliah di jurusan apa di kala itu. Fakultas Ekonomi menjadi incaran hampir semua calon mahasiswa baru di tahun 1999, karena dianggap sebagai jurusan bergengsi. Sama halnya dengan Fakultas Kedokteran yang punya prestige tinggi di kala itu.

Namun karena takut tidak lulus UMPTN, akhirnya saya asal memilih jurusan di perguruan tinggi. Walaupun saya tidak menyesalinya, tentu saja ada hikmah di balik pilihan saya. Kalau Anda bertanya kenapa saya tidak menyesalinya, hal ini dikarenakan saya bekerja pun tidak sesuai jurusan ketika kuliah. Kembali lagi kepada nasib, dan saya tetap bersyukur dengan apapun rezeki serta pekerjaan saat ini.

Untuk Anda yang masih mencari jurusan terbaik ketika kuliah di perguruan tinggi, maka berdasarkan pengalaman saya pribadi, saya ingin memberi sedikit tips bagaimana memilih jurusan di perguruan tinggi. 

Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi: Jangan Sampai Salah Pilih dan Menyesal

Pastinya kita semua ingin punya masa depan yang lebih baik lagi. Salah satu cara untuk meraih masa depan yang lebih baik tentu saja dengan mengenyam pendidikan yang lebih tinggi lagi. Walau kesuksesan seseorang ada kalanya tidak berdasar ijazah yang dimiliki, namun setidaknya dengan ijazah dari perguruan tinggi akan memberikan peluang bagi Anda mendapat pekerjaan yang lebih baik lagi.

Berikut langkah tepat dalam memilih jurusan di perguruan tinggi:

1. Temukan Bakat dan Kompetensi Sejak Dini

Memang sebagai seorang remaja biasanya masih labil dalam membuat keputusan. Namun jaman sudah berubah, Anda akan dituntut untuk berpikir lebih cepat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Usahakan sejak kelas 1 SMA, Anda sudah tahu bakat serta keinginan Anda dimana.

Contoh, Anda merupakan seseorang yang suka mempelajari anatomi tubuh manusia, maka bisa mulai sejak dini mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan ilmu Biologi, Fisika dan Kimia. Bisa jadi Anda memiliki kompetensi untuk mengambil Fakultas Kedokteran ketika kuliah nanti.

Atau misalnya Anda senang berorganisasi, serta beberapa kali terlibat dalam kepengurusan OSIS misalnya. Dari situ bisa terlihat kalau Anda punya kemampuan manajerial serta komunikasi yang baik. Mengapa tidak mencoba kuliah di jurusan komunikasi atau manajemen misalnya. 

2. Jangan Tergoda Dengan Ajakan Teman

Biasanya nih, Anda punya teman entah satu atau lebih dari satu yang sama-sama berjanji untuk selalu bareng bahkan ketika kuliah kelak. Hal itu wajar-wajar saja sih, namun jangan sampai merusak impian Anda hanya karena berbeda jurusan perkuliahan.

Anda yang tadinya ingin kuliah di jurusan Hubungan Internasional misalnya, terpaksa harus mengalah karena teman ingin mengambil fakultas Hukum. Saya sarankan jangan ikut-ikutan ketika memutuskan jurusan di perkuliahan, karena ini menyangkut masa depan Anda.

3. Yakin Kalau Anda Bisa Dengan Jurusan yang Dipilih

Jangan merasa rendah diri atas pilihan jurusan ketika kuliah kelak. Mungkin bagi teman-teman Anda, jurusan yang Anda pilih tidak populer serta tidak menjanjikan masa depan, namun jika Anda menyukainya, why not!

Yakinlah bahwa keputusan Anda memilih jurusan di perkuliahan itu sudah tepat. Tidak ada yang namanya salah masuk jurusan, apalagi ketika Anda sudah masuk ke dunia kerja.

Semoga tips dari saya bermanfaat ya.

Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Langkah Tepat Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi"