Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Pusing? Waspadai Penyakit Ini

 

Saya termasuk individu yang sering mengalami sakit kepala sejak SMP. Sampai-sampai harus dibawa ke dokter oleh almarhum Bapak untuk memastikan sakit apa yang saya derita.

Untungnya ketika SMP penyakit pusing yang saya derita ternyata hanya disebabkan oleh kondisi penglihatan yang sudah waktunya menggunakan kacamata. Duh padahal saya masih kelas 2 SMP di kala itu tapi sudah harus pakai kacamata.

Jika Anda sering mengalami sakit kepada atau pusing padahal kondisi tubuh dirasa baik-baik saja, sebaiknya Anda jangan meremehkan hal tersebut. Sebab jika sakit kepada yang Anda derita hanya disembuhkan dengan minum obat, dan tidak berusaha memeriksakan ke dokter maka bisa jadi akan kambuh lagi.

Sering Pusing? Berikut Gejala Penyakit yang Mungkin Anda Derita

Saya tidak ingin menakut-nakuti Anda dengan artikel ini, namun sebagai manusia tidak ada salahnya antisipasi donk ketika sudah mulai terserang penyakit yang kita sendiri tidak tahu darimana sumbernya.

Jika luka memar karena terjatuh dari sepeda sudah bisa dipastikan didapat darimana, namun sakit kepada yang kerap dialami sementara kita tidak pernah mengalami benturan pastinya akan membuat diri sendiri panik dan overthinking. Daripada overthinking, lebih baik dicari penyebabnya dan disembuhkan donk.

1. Tekanan Darah Tinggi

Jadi saya sering sakit kepada dari tahun 2020 dan cenderung meremehkannya. Saya merasa mampu menyembuhkan dengan minum obat yang mengandung Paracetamol. Namun ternyata efek terlalu banyak minum obat pun tidak baik. Saya jadi khawatir donk dan akhirnya dengan insiatif sendiri memeriksakan diri ke dokter.

Betapa terkejutnya saya ketika dirujuk ke dokter jantung dan dinyatakan terkena darah tinggi. Yang membuat kaget lagi adalah saya harus minum obat darah tinggi secara rutin dan sebisa mungkin tidak terputus.

Setelah membaca beberapa literatur akhirnya saya baru sadar jika setiap pagi sering sakit kepala dikarenakan hipertensi ini. Jika kita sedang mengalami krisis hipertensi maka dapat terserang sakit kepala. 

2. Kolesterol

Pernah tidak, kalian yang menderita kolesterol sakit di tengkuk kepala bagian belakang disertai sakit kepala yang hebat. Selain darah tinggi, saya termasuk yang memiliki bakat kolesterol. Angka kolesterol saya pernah mencapai 209 walaupun kata dokter masih tidak terlalu parah. Ambang batas normal kolesterol pada seseorang adalah di angka 200. Namun tentu saja kita tidak boleh meremehkan ya dengan angka-angka kolesterol.

Ingat, gaya hidup dan pola makan dapat menyebabkan penyakit seperti kolesterol dan juga darah tinggi, sehingga harap berhati-hati jika sudah divonis dokter terkena dua penyakit itu ya.

Kolesterol sendiri terbagi dua yaitu HDL dan LDL, dimana dua-duanya memiliki fungsi masing-masing terhadap tubuh kita. HDL berfungsi mengembalikan kolesterol berlebih ke hati lalu dikeluarkan dari tubuh. Bisa dibilang HDL merupakan kolesterol baik bagi tubuh manusia. Sementara LDL berfungsi membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri.

Lalu bagaimana agar dapat mengurangi sakit kepala yang terlalu sering, begini tips dari saya:
  • Rajin dan rutin berolahraga
  • Tidur dengan posisi yang benar
  • Kurangi konsumsi kafein secara berlebihan
Semoga tips sederhana dari saya ini bisa berguna bagi kalian pembaca blog ini. Memang setiap orang memiliki gejala berbeda-beda ketika sakit kepala atau pusing. Daripada berasumsi yang tidak jelas, maka lebih baik bawa diri Anda ke dokter terdekat dan konsultasikan mengenai sakit kepala yang tak kunjung reda.

Sumber:
hellosehat.com
https://www.tokopedia.com/blog/gejala-kolesterol-tinggi
Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Sering Pusing? Waspadai Penyakit Ini"