Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Sederhana Agar Tak Sering Terlambat Masuk Kerja

 

Jika kalian tinggal di ibukota tentu tak jauh dari permasalahan yang namanya macet. Apalagi jika terjadi di pagi hari dimana sedang waktunya orang-orang berangkat kerja juga pergi ke sekolah. 

Jangankan di kota besar, di kota yang kecil kemungkinannya terjadi macet saja pun, seorang pegawai bisa kok terlambat terus setiap hari. Apalagi jika dia memiliki kedekatan dengan pimpinan kantor, hahaha. Ada-ada saja ya. Baiklah, intinya semua itu adalah niat seseorang apakah dia mau datang terlambat atau tidak.

Mengapa sih seorang pegawai sering terlambat masuk kerja, berikut alasan paling masuk akal:
  • Terjebak macet
Hidup di kota besar pasti selalu berhadapan dengan kemacetan. Jangankan di Jakarta, saya saja yang tinggal di Surabaya makin hari merasakan macetnya makin parah sih ya. Apalagi jika melalui jalan utama tempat perkantoran.

Saya pribadi lebih senang mengendarai sepeda motor ketimbang harus naik mobil. Selain tidak punya mobil juga, kalau kita naik motor akan bisa melewati jalan yang kecil. Walaupun mungkin naik motor harus bersinggungan dengan debu ya.
  • Kesiangan bangun tidur
Sebenarnya kesiangan bangun tidur bukan merupakan pembenaran kalian terlambat datang bekerja. Kalau sudah niat bekerja maka usahakan tidur tepat waktu dan pasang alarm agar bisa bangun ontime. Di rumah tidak tinggal sendian kan? Bisa donk minta tolong anggota keluarga untuk membangunkan agar tidak terlambat masuk kerja.
  • Sakit mendadak
Siapa sih manusia yang ingin terkena penyakit. Walau kita merasa jenuh di kantor dan ingin resign saja, namun jangan jadikan sakit sebagai alasan untuk terlambat bekerja. Nanti sakit beneran lho!

Biasanya kalau flu atau demam itu sudah ada gejala beberapa hari sebelumnya. Anda bisa kok mengantisipasi minum obat pereda demam agar kerja tak terlambat. Minumnya pas malam hari ya agar tidak mengantuk ketika di kantor.
  • Ada hal mendadak lainnya. 
Keluarga meninggal, atau kita mengalami kecelakaan merupakan hal-hal yang tidak bisa diprediksi dalam hidup ini. Namanya hidup selalu saja ada musibah dan ujiannya masing-masing. Kalau sudah begitu, mau bagaimana lagi kan. Peristiwa mendadak dalam hidup ini anggap saja sebagai ujian dan tentunya harus siap kena tegur apabila harus terlambat datang ke kantor.

Terkadang kita tidak bisa memilih kantor tempat kita bekerja ingin yang seperti apa. Bersyukur bagi kalian yang bekerja di kantor serba toleran dimana pimpinannya selalu menerima apapun alasan para karyawan untuk datang terlambat.

Bagaimana jika ada pimpinan perusahaan yang bersikap diktator dan sangat menerapkan kedisiplinan bagi seluruh karyawannya? Tentu Anda tidak bisa berkutik donk. Kalau terlalu sering terlambat kerja maka yang ada gaji kita bisa dipotong lho. Pastinya berpengaruh terhadap pendapatan tiap bulan. Gaji dipotong akan menghambat belanja dapur. Kalian tidak mau kan hal seperti itu terjadi.

Cara Sederhana Agar Tak Sering Terlambat Masuk Kerja

Saya pribadi merasa malu apabila sering terlambat masuk kerja. Alasan memang selalu masuk akal dan disertai dengan bukti yang akurat seperti ketika saya mengantar suami kontrol ke dokter jelang operasi tiroidnya.

Saya sertakan bukti-bukti kontrol ke rumah sakit. Namun tentu saja saya harus tahu diri bahwa terlalu sering terlambat kerja tidak baik bagi teman-teman lainnya. Pasti ada rasa iri dengan teman lainnya. Nanti dikira anak kesayangan bos dll.

Untuk kalian yang sulit sekali masuk kerja tepat waktu, saya ada tips nih. Berikut cara sederhana agar tak sering terlambat masuk kerja.

1. Niatkan Untuk Bisa Bangun Pagi

Segala sesuatu kalau sudah niat maka Insha Allah akan terealiasi. Sama halnya ketika kita hendak bangun pagi, maka coba berdoa malam harinya agar bisa bangun pagi, niscaya Tuhan akan mengabulkan permohonan kita.

Saya juga pernah mengalami hal itu, sayangnya niat saya tidak berlangsung lama. Padahal saya sempat lho bangun jam 4 pagi agar lebih semangat dalam bekerja. 

2. Jangan Tidur Terlalu Larut Malam

Bagi kalian yang suka dugem, nonton drakor tolong deh jangan sampai larut malam. Kalau dugem itu hak kalian, namun kalau bisa weekend saja dilakukan agar ketika hari kerja tidak mengantuk.

Tahu diri dan tahu batasan kapan harus istirahat dan kapan harus melakukan hal-hal yang sifatnya refreshing. Saya juga pernah merasa berat bangun pagi karena marathon nonton drama Korea.

3. Jangan Pilih Rute Macet

Kalau kalian tidak naik angkutan umum, maka bisa menentukan rute jalan yang terbaik agar bisa sampai kantor ontime. Pilih jalan tikus adalah rute terbaik menghindari kemacetan. Ketika pulang kerja juga begitu, usahakan jangan pulang larut malam. Hindari nongkrong yang bisa menyebabkan kalian pulang larut malam.
Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "3 Cara Sederhana Agar Tak Sering Terlambat Masuk Kerja"