Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Hidup Sukses Bagi Kalian yang Merasa Gagal

 

Siapa sih yang tidak ingin sukses dalam hidupnya. Bahkan orang yang sudah mashyur saja masih ingin agar tetap eksistensinya diakui di mata dunia jika perlu. Saya pun ingin sukses dalam hidup sebab bagi saya pribadi sampai di usia 40 saat ini kesuksesan belum menghampiri.

Bukan bermaksud tidak bersyukur, namun standar sukses orang itu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Misalnya saja bagi saya, standar sukses itu antara lain:
  • Memiliki Keluarga Harmonis
Keluarga merupakan sebaik-baik tempat berpulang. Jika kita memiliki keluarga, maka ada suatu harapan yang tersemat manakala melakukan segala sesuatu.

Seperti kita bekerja untuk keluarga, meraih prestasi karena ingin memberi kebanggaan pada keluarga serta berbagai kebaikan lain yang mungkin ingin dicapai.
  • Punya Harta Berlimpah
Harta bagi saya merupakan kendaraan untuk melakukan amal sholeh. Bukan berarti kalau tidak punya harta lantas tidak bisa beramal. Saya ingin dengan harta yang dimiliki bisa membantu orang yang sedang kesusahan dengan harta tersebut.

Sebagai contoh saya memiliki teman kerja dimana anaknya memiliki penyakit serius di usia balita. Saya ingin membantu namun karena harta yang saya miliki tidak banyak, akhirnya saya hanya bisa membantu sekadarnya.

Andai harta berlimpah tentu bisa membantu maksimal dalam pengobatan anak teman saya tersebut. Namun tentu saja doa sebagai teman tetap saya panjatkan agar anaknya diberi kesembuhan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.
  • Dikenal Masyarakat Luas sebagai Blogger 
Saat ini saya menyebutkan diri sebagai seorang blogger karena memang aktif dalam menulis di platform tersebut. Namun keberadaan saya sebagai blogger mungkin belum dikenal luas di masyarakat umum, bahkan keluarga sekalipun.

Namun tentu saja itu bukan standar mutlak untuk saya lho. Sebab kalau dipikir-pikir punya harta berlimpah namun tidak bahagia dan jutsru sakit-sakitan, buat apa juga kan. Mending hidup yang biasa-biasa saja berkecukupan namun bahagia dan sehat.

Tapi dalam pikiran saya sempat terbersit jika diberi Tuhan harta yang berlimpah namun kita tetap sehat, bahagia dan bersyukur mengapa tidak kan. Justru harus dijadikan motivasi agar makin bersyukur dan berderma untuk hidup ke depannya.

Lalu bagaimana jika ada perasaan bahwa kalian merasa gagal dalam hidup ini. Gagal itu luas ya perspektifnya. Tidak melulu tentang materi. 

Banyak faktor manusia merasa gagal di dunia ini misalnya saja:
  1. Gagal membahagiakan orang tua di usia senja mereka. Biasanya hal ini terjadi pada anak yang sudah kehilangan orang tua mereka sementara mereka belum sempat membahagiakan di sisa hidupnya.
  2. Gagal menempuh pendidikan demi masa depan yang lebih baik. Ada individu yang menyia-nyiakan masa muda sehingga terpaksa drop out dari pendidikan mereka. Namun ketika masa depan menghampiri, karena tidak memiliki legalitas berupa ijazah maka individu yang tidak lulus pendidikan tinggi akan menyesal dan menganggap dirinya gagal.
  3. Gagal membina rumah tangga yang harmonis dengan pasangan. Sebenarnya mungkin jika dilihat dari takdir dan kehendak Tuhan kegagalan membina rumah tangga bisa diartikan memang jodohnya sampai disini saja. Walau mungkin melalui fase yang berat namun bagi sebagian orang merasa gagal apabila tidak bisa bersama dalam biduk rumah tangga sampai akhir hayat.
Lalu bagaimana agar kita tetap move on walau merasa sudah gagal dalam hidup ini. Jangan khawatir, saya ingin berbagi tips bagi Anda mencapai kesuksesan meskipun pernah merasa gagal dalam hidup.

Kiat Hidup Sukses Bagi Kalian yang Merasa Gagal

Tetap pandang masa depan sebagai sesuatu yang harus diperjuangkan ya gaes agar kalian tidak meratapi kegagalan di masa lalu. Berikut 3 kiat hidup sukses bagi kalian yang mungkin merasa gagal dalam hidup, yaitu:
  • Buat Skala Prioritas Dalam Hidup
Percaya tidak kalau sebenarnya kita sering melewatkan skala prioritas dalam hidup ini. Ngakunya ingin kaya tapi tiap hari jajan kopi kekinian melulu. Uang habis tidak sempat menabung.

Yuk mulai sekarang usahakan kalian punya target dan rencana minimal untuk sebulan ke depan jika tidak ingin muluk-muluk. Rencana besar itu awalnya dimulai dari hal kecil terlebih dahulu.
  • Lakukan Evaluasi Terhadap Setiap Rencana Hidup Anda
Ketika kalian sudah menetapkan suatu planning atau rencana dan melakukannya penuh kedisiplinan, namun masih gagal coba evaluasi sejenak mengenai penyebab kegagalan itu.

Jangan melihat segala sesuatu dari kacamata takdir. Bisa jadi kita jugalah yang menyebabkan kegagalan itu tanpa disadari. Maka dari itu setiap memiliki rencana hidup selalu lakukan evaluasai agar 
  • Optimis dan Tidak Gampang Menyerah
Pernah jatuh, bangkit lagi donk. Kalau jatuh lagi? Ya bangkit lagi juga. Begitu seterusnya sampai kita sudah mati rasa dengan yang namanya rasa sakit. 

Misalnya saja Anda merupakan mahasiswa drop out yang susah mendapat pekerjaan dikarenakan tidak memiliki ijazah. Maka tidak perlu risau, banyak orang sukses di luar sana namun tidak mengeyam pendidikan formil mereka.

Anda bisa memulai usaha sendiri yang bisa menjadikan Anda bosnya. Tentu saja memulai usaha disertai pemikiran matang ya, jangan hanya sekadar usaha namun ujung-ujungnya tutup deh.

Intinya adalah kalian harus bangkit dari keterpurukan apabila merasa gagal dalam hidup ini.
  • Bercermin dari Pengalaman Orang-Orang Terdahulu
Sekarang zaman sudah semakin canggih dimana kita bisa mencari informasi dari genggaman tangan saja. Termasuk ketika kita ingin mencari tahu kisah inspiratif dari orang sukses misalnya.

Kalian tinggal ketik Bob Sadino misalnya dan di pencarian Google akan terpampang berita bagaimana Bob Sadino jatuh bangun dalam membangun usaha beliau saat itu.

Dengan membaca kisah-kisah orang sukses terdahulu bisa menjadikan pemantik bagi kalian yang ingin sukses setelah terjatuh dari kegagalan. 

Penutup

Akhir kata saya hanya ingin mengatakan kepada kalian bahwa jangan pernah merasa gagal dalam hidup ini. Hidup ini bukan hanya tentang berhasil atau gagal. Semua hanya tentang sebuah proses.

Nikmati proses yang ada dalam hidup kalian. Jika memang belum berhasil mencapai target tertentu, coba lagi dan coba lagi sampai berhasil.

Posting Komentar untuk "Kiat Hidup Sukses Bagi Kalian yang Merasa Gagal"