Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Dapat Dapat Cuan Dari Blog? Bloger Bisa Daftar di Marketplace Ini

Siapa sih manusia yang tidak ingin mendapat uang dari bekerja keras. Apalagi jika kerja kerasnya didapat dari berbagai sumber. Salah satunya profesi bloger yang sedang saya tekuni saat ini. Mungkin masih banyak orang yang belum pernah mendengar profesi blogger. Kebanyakan masyarakat tahunya profesi dokter, pegawai negeri atau karyawan swasta. 

Kali ini saya ingin memperkenalkan kepada kalian profesi blogger yang juga ada di tengah-tengah masyarakat. Blogger merupakan profesi yang berkaitan dengan dunia kepenulisan. Seorang blogger bisa menulis segala tema yang disukainya, relate dengan kehidupan saat ini atau bahkan sudah lampau. 

Blogger dapat mengulas barang atau jasa yang pernah digunakannya di masa lampau atau saat ini. Profesi ini bisa dijadikan profesi sampingan atau freelance, namun tak jarang ada juga individu yang berprofesi sebagai full time blogger. Tidak salah kok, karena totalitas itu juga suatu nilai positif yang harus kita junjung tinggi keberadaannya. 

Saya pribadi saat ini masih menjadikan blogger sebagai profesi sampingan, karena masih memiliki pekerjaan tetap sebagai karyawan kantoran. Namun saya berharap suatu ketika bisa membesarkan profesi blogger yang sedang saya geluti ini. 

Ohya, kalau kalian bertanya mengapa saya cenderung menjadikan blogger sebagai profesi sampingan, hal ini dikarenakan:

  • Pendapatan dari blogger masih belum menentu
Karena saya masih terbilang newbie dalam dunia blogging, maka saya masih harus banyak belajar khususnya dari blogger senior yang benar-benar menjadi full time blogger. Saya pribadi masih belum rutin mendapatkan job dari menulis di blog. Kadang kalau job sedang ramai, saya bisa mendapatkan penghasilan yang Alhamdulillah. Namun tak jarang dalam sebulan, sepi dari pendapatan. 

Walaupun begitu saya tetap bersyukur karena sudah mengenal dunia blogging. Memang tidak semua brand cocok dengan niche blog saya, sehingga saya pun harus banyak berbenah agar bisa terus mengembangkan blog ini layaknya toko yang menawarkan segala barang yang dibutuhkan konsumen. 
  • Masih memiliki  tanggung jawab menafkahi keluarga
Jika suatu saat saya memutuskan menjadi full time blogger, artinya benar-benar akan saya dedikasikan hidup ini untuk menulis. Bahkan mungkin saya harus ikhlas manakala dalam sebulan pendapatan dari menulis blog tidak menentu. Namun jujur sampai saat ini saya belum bisa menjadi full time blogger karena masih membutuhkan sejumlah penghasilan tetap setiap bulan untuk menafkahi keluarga. 

Namun saya masih berharap akan terus bertahan dengan kebiasaan menulis di blog. Rencana saya adalah ketika masa pensiun tiba, saya akan mendedikasikan diri di dunia kepenulisan hingga akhir hayat. 
  • Masih belum memiliki relasi yang luas. 
Jujur saja, walau sudah 3 tahun berkecimpung di dunia blogging, namun saya merasa masih fakir relasi. Masih banyak tugas saya untuk memperluas relasi agar peluang mendapat tawaran pekerjaan sebagai blogger lebih besar. 

Bagi saya, seorang blogger harus bisa dipercaya untuk menjadi partner dengan brand-brand suatu produk atau jasa dalam hal mengulas secara jujur kelebihan serta kekurangan produk atau jasa tersebut. Blogger erat kaitannya dengan influencer yang mengajak pengikutnya untuk bisa menggunakan barang atau jasa yang diulasnya melalui tulisan. 

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin memberi tahu kepada kalian mengenai tempat dimana blogger bisa menghasilkan uang.

Rekomendasi Marketplace yang Bisa Menghasilkan Cuan Untuk Blogger

1. Raja Backlink

Di Raja Backlink kalian bisa membuat akun dan mendaftarkan blog lebih dari satu. Tentunya pendaftaran blog itu akan melalui proses verifikasi terlebih dahulu oleh tim Raja Backlink. 

Syarat blog kalian bisa diterima sebagai member Raja Backlink adalah harus memiliki minimal 50 indexing di Google. Cara mengetahuinya adalah kalian bisa ketik site:"nama blog Anda".

2. Vira

Di Vira ada namanya sistem nge-bid, dimana kalian bisa klik daftar job yang ditawarkan, lalu jika memenuhi kualifikasi dari brand tersebut, kalian akan diberitahukan via email. 

Sama halnya dengan Raja Backlink, kalian bisa mendaftar lebih dari satu blog dan pastinya akan melalui proses verifikasi yang tak sebentar. Bahkan teman blogger saya sudah 2 tahun blognya belum terverifikasi.

Saya pun demikian, hanya satu blog saja yang diverifikasi. Sementara beberapa blog saya lainnya tak kunjung diverifikasi oleh manajemen Vira. Tapi tak masalah, rezeki tidak hanya datang dari satu sumber saja. Kalian bisa berusaha mendapatkan job dari sumber lainnya.

3. Intelinfluence

Kalau Intelinfluence merupakan marketplace dari luar negeri. Merupakan marketplace yang terbilang baru di Indonesia. Kalian sebagai blogger Indonesia bisa banget bergabung di Intelinfluence lho.

Namun yang perlu diingat, jika bergabung dengan marketplace luar negeri maka untuk mendapatkan pembayaran fee menulis, kalian harus menyediakan rekening Paypal untuk menerima transferan dari luar negeri.

4. Magnetise 

Magnetise termasuk marketplace baru bagi para blogger untuk mencari pendapatan. Saya pribadi baru beberapa Minggu mendaftar, dan lumayan sudah dapat 1 job nih teman-teman.

Tampilan Magnetise mirip dengan Vira, walau di beberapa menu nampak berbeda. Yang penting ketika kita menjadi member Magnetise adalah sering-sering ngebid job. Mana tahu kita beruntung dan rezeki, maka akan mendapatkan job.

Semoga bermanfaat
Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Ingin Dapat Dapat Cuan Dari Blog? Bloger Bisa Daftar di Marketplace Ini"