Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Wedding Organizer Untuk Pernikahan

 

Pernikahan merupakan moment sakral dalam kehidupan seorang manusia. Lebih tepatnya dua orang manusia. Tentu saja dua orang karena pernikahan kan mengikat dua orang manusia, laki-laki dan perempuan ke dalam janji suci berlandaskan kepercayaan agama yang mereka anut.

Ada banyak sekali sisi positif ketika kita menikah, sebut saja:
  1. Mendapat rasa nyaman dan ketenangan setelah berumah tangga
  2. Meneruskan garis keturunan
  3. Ada tempat pulang setelah seharian bekerja.
  4. Untuk yang beragama Islam, menikah merupakan ibadah menyempurnakan separuh dari Dien.
Sebelum menikah, pasti diperlukan persiapan sebelum hari H. Berbagai prosesi akan kita lalui. Sebetulnya dalam Islam sendiri, syarat sahnya menikah adalah dihadiri oleh kedua mempelai istri dan suami, ada saksi, wali, mas kawin serta penghulu yang menyaksikan. 

Namun sebagai seorang calon pengantin, saya menyadari ini adalah pengalaman pribadi bahwa saya ingin punya kenangan indah di dalam hidup. Dengan pernikahan tentu kita berharap hal tersebut menjadikan moment yang tak terlupakan sekali seumur hidup. 

Akhirnya tentu saja ada yang namanya syukuran sebelum nikah, prosesi adat dan resepsi pernikahan. Tentunya tidak ada larangan melakukan serangkaian prosesi pernikahan selama ada budgetnya. Itu menurut pendapat pribadi saya lho. Jika tidak ada budget ya jangan dipaksakan, yang ada nantinya kalian berutang kesana kemarin.

Biasanya perhelatan besar pernikahan ada di resepsi pernikahan. Bahkan saya lihat sekarang ini, banak netizen yang berani spill biaya pernikahan mereka lho. Tidak tanggung-tanggun, bisa menyampai angka tiga digit.

Saya saja ketika tahun 2011 tidak berani bahas mengenai budget pernikahan karena dirasa tabu. Ya bagaimanapun juga pernikahan adalah sesuatu hal yang sakral dan kita pastinya ingin membuat kesan terbaik karena dilakukan seumur hidup.

Apa saja sih yang dipersiapkan jika kalian hendak menyelenggarakan resepsi pernikahan di gedung, berikut berdasarkan pengalaman pribadi saya:
  1. Dekorasi pelaminan
  2. Seragam untuk para panitia resepsi pernikahan
  3. Gaun pengantin untuk mempelai perempuan dan laki-laki
  4. Katering untuk tamu
  5. Souvenir
  6. Undangan
Jika 6 point di atas kita urus secara terpisah maka biasanya akan ribet dan memakan biaya yang tidak sedikit. Untuk kita kita perlu jasa wedding organizer dalam mengurus segala hal yang berkaitan dengan resepsi pernikahan.

Beberapa tips dalam memilih Wedding Organizer untuk pernikahan antara lain:
  • Sesuaiakan Dengan Budget yang Dimiliki
Jangan gengsi ketika hendak mengadakan resepsi pernikahan. Walaupun sekali seumur hidup namun jangan mengorbankan harta serta kenyamanan hidup. Percuma kalian menikah dengan perhelatan akbar dan biaya besar, namun setelah acara berlangsung pening memikirkan bagaimana harus membayar utang-utang tersebut.

Menyesuaikan dana pribadi untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan itu merupakan tindakan bijaksana bagi kita. Sebab yang terpenting adalah bagaimana membina rumah tangga dengan harmonis tanpa ada kesulitan finansial di awal.
  • Pilih Wedding Organizer yang Sudah Berpengalaman
Kalau sudah menyesuaikan budget pernikahan, maka langkah selanjutnya carilah Wedding Organizer yang akan bekerja sama dengan kita sebagai pelanggan mereka. Saat ini teknologi makin maju, informasi juga makin mudah didapatkan. 

Kalian bisa mencari jasa Wedding Organizer di internet dan juga media sosial. Banyak banget usaha Wedding Organizer mempromosikan jasa mereka dari yang murah sampai mahal. 

Namun perlu diingat bahwa murah saja tidak cukup ketika ingin menyesuaiakan budget. Coba googling di internet kasus penipuan berkedok Wedding Organizer. Tentunya penipuan seperti ini sangat meresahkan mempelai yang akan menikah. Diiming-imingi harga murah, kalian dengan mudahnya sepakat dan bekerja sama dengan Wedding Organizer itu. Pada saat hari H, ternyata di pemilik jasa Wedding Organizer malah melarikan diri.

Berikut salah satu artikel yang menceritakan mengenai kasus penipuan oleh Wedding Organizer https://jabar.inews.id/berita/kasus-penipuan-wedding-organizer-di-karawang-vendor-upacara-adat-pun-jadi-korban
  • Pilih Wedding Organizer Sesuai Kesepakatan Kedua Mempelai
Perlu diingat bahwa yang menikah adalah sepasang laki-laki dan perempuan, sehingga pendapat kedua belah pihak tentu harus didengar. Pilihlah Wedding Organizer sesuai kesepakatan antara calon mempelai suami dan istri agar menghindari konflik.

Jika ada konsep yang tidak disukai salah satu pihak mempelai, segera diskusikan. Jangan dipendam karena tentu akan mempengaruhi mood mempelai pengantin.

Semoga tips dari saya bermanfaat ya.
Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Wedding Organizer Untuk Pernikahan"