Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan yang Dapat Dilakukan Ketika Libur Kerja

 

Libur kerja merupakan moment kita bisa sedikit mengambil nafas lega karena terbebas dari urusan pekerjaan dan yang berhubungan dengan kantor. Namun sebaiknya ketika libur kerja jangan sampai tidak produktif dalam beraktifitas.

Ada baiknya libur kerja dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan produktif dan tidak hanya sekadar rebahan saja. Beberapa manfaat beraktivitas ketika di hari libur, antara lain:

1. Menyehatkan Badan

Ada beberapa orang yang menganggap libur kerja sebagai "pembalasan dendam" karena sudah 6 hari melakukan aktivitas seperti bekerja ataupun mengurus rumah bagi ibu rumah tangga. Hal ini menyebabkan mereka yang punya jatah libur akan mengambil kesempatan untuk bermalas-malasan ketika libur tlah tiba.

Tidak ada yang salah sih, namun jangan terlalu sering. Jika kalian menggunakan waktu luang dan libur dengan melakukan kegiatan bermanfaat, tentu badan juga akan bergerak. Akibatnya tubuh menjadi lebih sehat dan berenergi walai sedang libur. 

2. Tidak Cepat Mengantuk

Percaya gak kalau kalian terlalu banyak rebahan dan bermalas-malasan, maka rasa kantuk akan cepat datang. Mengantuk akan berujung kepada aktivitas tidur yang jika terlalu banyak dilakukan juga tidak baik bagi tubuh.

Bukankah jam tidur manusia itu idealnya 7 sampai 8 jam sehari. Kecuali bayi dimana bayi harus lebih banyak tidur dalam masa pertumbuhannya. Daripada tidur terus sepanjang hari libur kalian, mengapa tidak lakukan hal berguna lainnya. Tidur siang boleh kok tapi jangan terlalu lama ya.

3. Meningkatkan kreatifitas

Biasanya ketika kita bekerja maka seluruh otak akan berkreasi memikirkan bagaimana caranya agar pekerjaan kita cepat selesai. Jangan gunakan kreativitas hanya untuk sesuatu yang dibayar saja, namun untuk hal lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan mari lakukan juga.

Dulu ketika SMA, setiap sebulan sekali saya rajin mengganti letak susunan barang di kamar tidur. Walau kamar tidur saya tidak luas, namun kreativitas saya bermain memikirkan bagaimana kamar tidur tetap estetik dengan pemindahan barang satu dan lainnya. Akibatnya, saya jadi lebih semangat belajar karena letak barang-barang setiap bulan saya ganti.

Libur ? Yuk Lakukan Hal Berikut Agar Harimu Lebih Bermakna

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ketika libur kerja antara lain:
  • Membaca Buku
Jangan biarkan otak kita tidak bekerja di saat libur. Membaca merupakan aktivitas paling santai dilakukan ketika libur. Carilah buku atau majalah yang ringan untuk dibaca agar Anda tak cepat bosan. Selain itu juga membaca buku dapat memperbanyak perbendaharaan kosakata kita. Sebagai blogger, tentu aktivitas membaca buku menjadi sangat penting untuk mengasah kemampuan menulis.
  • Bercocok Tanam
Kalau di rumah kalian ada pekarangan yang cukup luas maka tak ada salahnya untuk melakukan cocok tanam ketika libur. Selain bisa melatih otot tubuh agar lebih banyak bergerak, siapa tahu saja bercocok tanam menghasilkan tanaman yang produktif. Kalian akan turut serta melestarikan lingkungan hidup dengan mulai memproduksi bahan pangan sendiri seperti buah dan sayuran.

Dengan bercocok tanam juga menambah wawasan kita akan jenis tumbuhan apa yang bisa ditanam di pekarangan sendiri dengan metode trial and error.
  • Membersihkan Perabotan Rumah
Membersihkan perabotan sebenarnya merupakan hobi saya kalau lagi menganggur di rumah. Namun sering terkalahkan oleh rasa malas. Jangan ditiru ya sebab tidak baik. Rumah yang bersih tentu adalah dambaan kita semua. 

Rumah bebas debu menjadikan penghuninya sehat selalu dan mood menjadi baik. Tidak perlu menunggu rumah bedebu kok untuk bisa dibersihkan. Lakukan hal sederhana terlebih dahulu untuk membangun mood Anda ketika ingin membersihkan perabotan rumah.
  • Memasak
Nah, pekerjaan memasak bukan monopoli perempuan semata ya. Laki-laki pun bisa kok melakukan aktivitas memasak di sela-sela hari liburnya. Memasak pun bisa dianggap sebuah hobi jika kalian menikmatinya.

Memasak mie instant bahkan bisa dikatakan sebagai aktivitas memasak jika kalian lakukan dengan sepenuh hati dengan menggunakan resep yang komplit misalnya. Jadi lakukan banyak hal bermanfaat di saat libur. Salah satu aktivitas yang mengasyikkan adalah memasak dimana selain mengenyangkan perut, juga bisa berkreasi dengan bahan-bahan pangan yang ada di dapur.
Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Kegiatan yang Dapat Dilakukan Ketika Libur Kerja"