Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Tema Untuk Blog yang Menginspirasi

 


Sedang mencoba menjadi seorang blogger? Tentu banyak sekali tantangan ketika awal menjadi atau lebih tepatnya memutuskan terjun ke dunia blogging.

Saya sendiri pun tidak pernah terpikir sebelumnya bisa menekuni dunia blog. Tahun 2016 ketika masuk komunitas Love Suroboyo saya berkenalan dengan seorang blogger.

Namanya Bunda Tri dan dari beliaulah saya tertarik untuk bisa menulis di blog. Namun sayang keinginan tersebut hanya panas-panas tahi ayam alias tidak pernah ada realisasi sama sekali. Hanya 1 postingan itupun berlalu sampai 3 tahun kemudian.

Baru setelah 2019 saya serius ingin menjadikan blog sebagai dunia yang asyik untuk digeluti. Apa sih yang harus dikorbankan ketika seseorang mulai terjun ke dunia blog. Kalau versi saya sih berikut ini:
  • Uang
Jika kalian ingin blog menghasilkan dan lebih dikenal tentu ingin tak hanya sekadar menulis di blog gratisan donk.

Top Level Domain alias domain berbayar merupakan jalan ninja sebuah blog menjadi lebih berpeluang dalam menghasilkan.

Sebenarnya jika kalian ngeblog hanya untuk mencurahkan isi hati saja tentu tak masalah kok. Namun alangkah baiknya walau blog tidak digunakan untuk sesuatu yang menghasilkan, tetap blog tersebut diupgrade berbayar saya.

Ada nilai plus ketika blog diupgrade menjadi TLD salah satunya memungkinkan berada di halaman pencarian Google. Walau terkadang saya banyak mendapati blog gratisan juga banyak sih yang berada di halaman termuda Google.
  • Waktu luang
Jika kalian sudah asyik menulis di blog maka waktu luang yang cenderung sia-sia tak akan sempat terpikir deh rasanya.

Hal ini menunjukkan kalau kalian akan lebih produktif apabila menulis di blog. Selain tulisan bisa dibaca oleh jutaan orang di seluruh penjuru dunia, tentu saja ada kepuasan tersendiri manakala kita berhasil mengusir rasa malas akibat tak termotivasi.

Saya pribadi ketika mulai menulis itu banyak sekali godaannya. Namun ketika sudah memantapkan niat maka seketika menjadi semangat karena ingat the big why saya musti ngeblog.
  • Waktu tidur
Memang idealnya tidur itu kurang lebih 7 sampai 8 jam setiap hari. Ketika kalian suda menjadi seorang blogger dengan segudang job, percayalah jika waktu tidur akan berkurang.

Mungkin kurang bagus untui kesehatan namun jika sudah terbiasa maka kalian sendiri yang bisa mengukur daya tahan tubuh.

Lalu ketika mulai rutin menulis blog, maka kita tidak lepas dari yang namanya tema tulisan. Jangan sampai blog kita menjadi berdebu hanya karena kurang membuat konten. Atau jangan juga menulis di blog jika mendapat job saja. Sesekali buatlah tulisan organik di blog kalian. 

Ada beberapa ide tema blog yang menginspirasi untuk kalian tulis, diantaranya:
  • Tema Keuangan
Keuangan atau yang lebih sering disebut dengan finansial merupakan tema yang tidak ada habisnya untuk dibahas. Kalian bisa membahas keuangan di sisi seorang single maupun keuangan keluarga.

Tentu pembahasannya pun berbeda-beda tergantung permasalahan yang dihadapi. Kalian harus lebih banyak menguasari literatur keuangan entah itu dari buku maupun googling di internet. Usahakan menulis secara objektif agar tulisan kalian dicari dan menjadi solusi bagi orang lain.
  • Tema Motivasi
Nah, tema ini jangan-jangan paling banyak dicari oleh hampir semua kalangan masyarakat mengingat perkembanga zaman dan juga teknologi semakin membuat orang mengalami stress atau segala hal yang berkaitan dengan kesehatan mental.

Saya pun jika membaca artikel tentang motivasi merasa ada banyak secercah harapan untuk hidup yang lebih baik. Kadang situasi pekerjaan yang memberi rasa jenuh atau teman kerja toxic membuat saya tak betah di kantor. Namun saya tidak boleh resign karena kebutuhan hidup masih banyak, hahaha. Akhirnya solusi yang dapat saya lakukan adalah membaca artikel psikologi yang banyak memberi motivasi agar hidup menjadi lebih semangat lagi.
  • Tema Keluarga
Tema keluarga atau yang akrab kita dengan dengan parenting ini juga tak kalah menarik lho untuk kalian para blogger yang bingung mencari ide tulisan. Mendidik anak di era serba canggih dan mengedepankan teknologi seperti saat ini tentu berbeda sekali saat dahulu kala.

Dahulu kala seorang guru bisa mencubit atau menghukum siswa yang bandel di sekolah. Namun sekarang? Berpikirlah dua kali di saat ingin menghukum siswa karena bisa saja siswa melaporkan ke orang tua atas tindakan guru yang tak menyenangkan.

Mendidik anak dan juga murid di sekolah perlu teknik khusus sepertinya agar anak tidak seperti digurui atau bahkan dimarahi. Itulah guna dan manfaat ilmu parenting saat ini.

Penutup

Demikian sedikit sumbangan ide tulisan dari saya yang bisa membantu kalian dalam menemukan ide. Yang pasti kalian sebagai pemilik blog memiliki otoritas tertinggi harus menulis apa di blog.

Jangan merasa kecil hati apabila ada ide tulisan dari blogger lain yang mungkin lebih bagus sementara temanya sama dengan tulisan kalian. Ingat, tiap tulisan itu memiliki pembacanya masing-masing. 

Selamat berkarya!
Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

1 komentar untuk "Ide Tema Untuk Blog yang Menginspirasi"

  1. wah boleh jugga nih idenya, kadang suka bingung ya nentuin tema blog tuh hehe takut macet nanti idenya pas nulis hihi

    BalasHapus