Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Mengikuti Lomba Blog

 
Lomba Blog


Sejujurnya saya termasuk bloger yang jarang sekali mengikuti lomba blog. Lebih tepatnya ketika sudah sering mendapatkan job menulis, hahaha. Please jangan tiru saya yah karena itu tidak baik untuk kalian para bloger yang memiliki motivasi kuat untuk mengikuti lomba blog.

Kali ini saya akan membahas mengenai manfaat mengikuti lomba blog. Seperti yang kita ketahui menjadi blogger merupakan salah satu pekerjaan yang menantang. Hal ini dikarenakan blogger setidaknya harus mampu menyajikan tulisan yang menarik minat pembaca untuk mampir dan membaca tulisannya dari awal hingga akhir tanpa diskip sedikitpun.

Saya pribadi tidak munafik, jika sering skip beberapa tulisan yang kurang menarik untuk dibaca. Atau susah untuk dicerna sih lebih tepatnya. Profesi blogger tentu saja harus menulis di platform blog seperti Blogspost maupun Word Press. Agar lebih nampak profesional, seorang blogger disarankan untuk menjadikan domain blognya ke tingkat yang lebih tinggi lagi, dalam hal ini TLD atau Top Level Domain.

Kita harus membeli domain TLD untuk berlangganan selama satu tahun. Biaya pembelian domain pun beragam tergantung provider domain yang menjualnya. Ada banyak manfaat memiliki blog, diantaranya:

  • Sebagai ajang curhat. 

Wajar sebagai manusia, kita memilih masalah dalam hidup. Kadang ragu harus curhat ke teman, karena ada sebagian teman yang senang melihat kita susah. Akhirnya mau curhat ke siapa lagi kalau tidak ke buku harian atau blog. Bagi saya tidak masalah curhat di blog namun tetap dengan bahasa yang santun agar seluruh dunia tak perlu tahu masalahmu. Siapa tahu saja dari curhatmu bisa menjadi solusi bagi orang lain yang membutuhkan.
  • Menyimpan tugas kuliah atau rangkuman pekerjaan di kantor. 
Sebenarnya ini saya dapatkan dari cerita teman yang dulunya takut kehilangan rangkuman materi pelajaran hingga dia terpaksa menyimpannya di blog. Karena sudah tahu bahwa menjadi blogger itu menguntungkan, akhirnya teman pun membeli domain dan memutuskan untuk terjun sebagai blogger. Keren kan!
  • Sebagai sarana menghasilkan uang
Mungkin tidak semua orang memahami untuk apa memiliki blog. Mereka yang tidak paham biasanya hanya menganggap blog itu disediakan bagi orang-orang yang gemar menulis. Padahal tidak juga lho. Saya yang awalnya tidak suka menulis, ketika terjun langsung ke dunia blogging dan berteman dengan banyak orang baru, akhirnya memahami bahwa menulis itu bisa dipelajari dan bukan hanya sekadar bakat. 

Saya dulu tidak tahu kalau memiliki blog bisa mendapatkan uang asalkan kita tahu caranya. Tentu saja cara menghasilkan uang dari ngeblog bisa kita dapatkan dengan bertanya kepada orang-orang yang sudah lebih dulu melakukannya.

Selain 3 hal di atas, ternyata ngeblog itu juga mengasyikkan asal kita tahu cara menggunakannya. Salah satu bagian dari kegiatan ngeblog yang jarang saya ikuti, namun ternyata banyak sekali manfaatnya adalah mengikuti lomba blog. Resolusi saya agar bisa lebih banyak mengikuti lomba blog sepertinya hanya khayalan semu belaka. Terbukti jarang sekali saya mengikuti lomba blog selama 4 tahun menjadi blogger. Padahal lomba blog itu banyak manfaatnya lho.

Lomba Blog dan Segudang Manfaatnya

Saya punya teman blogger yang langganan menang lomba blog. Duh rasanya ingin sekali menjadi seperti dia. Setelah saya perhatikan, memang tulisan teman blogger saya ini detail sekali dan sangat menguasai materi dari lomba blog tersebut.

Berikut beberapa manfaat mengikuti lomba blog:

1. Melatih Kemampuan Menulis

Biasanya ketika mengikuti lomba blog dari sebuah brand produk, maka kita harus mencari tahu terlebih dahulu tentang product knowledge brand tersebut. Misalnya saja yang mengadakan lomba blog adalah brand elektronik rice cooker, maka tentu saja kita harus mencari tahu apa saja spesifikasi dari rice cooker yang diproduksi brand tersebut.

Jangan sampai kita salah atau thyphoo dalam menulis jenis atau tipe produk. Tentu akan sangat fatal. Sebagai blogger, kita harus hati-hati ketika mengikuti lomba blog. Baca dengan seksama brief lomba, agar jangan sampai salah dalam mengulas sebuah produk.

Dari sini sudah nampak bahwa mengikuti lomba blog tentu saja melatih kemampuan dalam menulis. Mengumpulkan data dan melakukan analisa terhadap keunggulan sebuah produk menjadi sebuah nilai plus dalam suatu lomba menulis.

2. Dikenal Oleh Brand yang Mengadakan Lomba

Setelah selesai menulis lomba blog, tentu saja ada deadline atau batas akhir pengumpulan artikel. Nah setelah itu pasti akan dilakukan penjurian donk. Biasanya penjurian akan dinilai dari perwakilan brand sebuah produk, dimana mereka akan menilai apakah tulisan para blogger layak untuk menang atau tidak.

Jika juri yang merupakan perwakilan brand senang dengan gaya bahasa kita sebagai peserta blogger, bukan tidak mungkin nama kita akan diingat oleh brand tersebut. Siapa tahu suatu saat, di luar dari kompetisi menulis di blog, kita akan dihubungi oleh pihak brand sebuah produk dan diajak bekerja sama. Rezeki tidak akan pernah ada yang tahu bukan?

3. Berpeluang Menang

Nah, point ini tentunya yang dinanti seluruh peserta lomba blog. Apalagi kalau bukan kemenangan yang dapat menambah portofolio seorang blogger itu sendiri. Kalau sudah menang blog, tidak menutup kemungkinan seorang blogger berpeluang mendapat tawaran kerja sama lainnya dengan brand sebuah produk. 

Namun tentu saja, ketika sudah menjadi pemenang, kita tidak boleh sombong dan terus menempa diri agar menjadi seorang blogger yang berkualitas.

Bagi blogger yang belum pernah sekalipun memang lomba blog, jangan putus asa. Perjuangan kalian untuk terus mengikuti lomba blog tentu memiliki kesan tersendiri. Ada saatkan kalian menjadi pemenang kok, ini hanya soal waktu saja.

Semoga bermanfaat ya untuk kalian para blogger.

Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Manfaat Mengikuti Lomba Blog"