Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bergabung Dengan Komunitas Blogger

 

Jika Anda seorang bloger maka saya sarankan untuk banyak mengikuti berbagai macam komunitas. Hal ini bertujuan agar Anda tak ketinggalan informasi apabila ada berita mengenai dunia blogging.

Saya pun ketika awal mula terjun ke dunia blogging masih sangat minim teman yang menggeluti dunia ini. Paling hanya mencari bloger di media sosial seperti Instagram dan menyapanya melalui kolom komentar.

Mengapa sih berkomunitas itu penting? Hal ini dikarenakan:
  • Menambah teman dan memperluas jejaring sosial
Berkomunitas pastinya akan mengenal berbagai macam orang dari segala penjuru daerah bahkan dunia. Tergantung komunitas mana yang kalian ikuti. Saya pribadi mengikuti beberapa komunitas blogger dan bisa mendapat kenalan dari pulau Sulawesi bahkan Sumatera. 

Tentunya sangat senang sekali bisa mengenal banyak teman baru dengan budaya baru dan juga informasi menarik lainnya yang bisa kita dapatkan. Dulu saya termasuk orang yang pemalu dan cenderung tidak suka bergaul. Semenjak menjadi blogger, mau tidak mau saya harus memperluas jejaring pertemanan agar mendapatkan banyak relasi. Siapa tahu juga memperbesar peluang tawaran pekerjaan.

Inti dari berkomunitas adalah kita harus mau membaur dengan para anggota lainnya. Meskipun hanya melalui grup Whatsapp namun jangan sekali sekali berusaha menjadi superior. Saya pun memang di grup Whatsapp lebih banyak diam dan sesekali berinteraksi. Namun saya berusaha mengenal banyak anggota di komunitas.
  • Mengetahui informasi terkini
Sebelum menjadi blogger "resmi" (ceilee... blogger resmi nih ye) seperti sekarang, saya sangat buta akan informasi di dunia blogger. Saya pun masih jarang mendapatkan job dari agency karena belum kuat dan intens membranding diri.

Lalu saya memberanikan diri mengikuti berbagai komunitas, sebut saja Komunitas ISB, Komunitas IIDN, Komunitas Blogger Crony Community dan masih banyak lagi guna lebih mengeksiskan diri seagai blogger.

Bersyukur tidak pakai lama, setelah bergabung di beberapa komunitas blogger, ada beberapa tawaran sponsored post yang masuk dan diposting ke blog saya. Intinya adalah bersabar akan sebuah proses yang panjang. 

Biasanya komunitas blogger akan membagikan informasi jika ada peluang job untuk para member. Dan blogger pun banyak yang mendaftarkan diri. Jika beruntung maka blog kita bisa lolos untuk job, namun jika tidak jangan berkecil hati yah. Semua itu perlu kesabaran termasuk menjadi seorang blogger.
  • Bisa mendapat peluang positif yang tidak pernah diketahui sebelumnya.
Rezeki itu tidak ada yang tahu datang dari arah mana. Menjadi blogger adalah pekerjaan freelancer yang tidak pasti pendapatannya. Kadang ramai, kadang sepi. Tapi saya tetap syukuri saya berapapun pendapatan kita di dunia blogger.

Saya memilih untuk aktif berkomunitas karena optimis dan percaya bisa mendapatkan peluang mendapatkan penghasilan. Target saya bukan jangka pendek, namun menjadi blogger untuk jangka panjang karena profesi ini tidak mengenal usia dan waktu.

Kalau pekerjaan kantoran biasanya selalu ada batasan usia, namun seorang blogger tidak pernah dilihat dari usianya. Pembaca di internet hanya melihat kualitas tulisan apakah bagus dan layak dibaca atau tidak.

Ketika awal melabeli diri sebagai blogger, saya tentu saja bingung harus berpegangan kepada siapa dan apa. Namun tidak mungkin juga saya sendirian sebagai blogger newbie. Tekad saya di tahun 2019 kala itu adalah saya harus memiliki teman sesama blogger juga.

Secara naluri akhirnya saya mencari tahu beberapa komunitas blogger. Awalnya hanya grup WhatsApp tanpa komunitas, lalu kemudian saya mulai mencari lagi grup-grup lain yang seirama.

Sebagai manusia, kita tidak bisa hidup sendiri. Kita butuh berinteraksi dengan orang lain.
Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Manfaat Bergabung Dengan Komunitas Blogger"