Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sulit Tidur di Malam Hari? Ini yang Harus Anda Lakukan

 
Sulit Tidur di Malam Hari

Apa jadinya jika malam hari dimana waktunya untuk tidur namun kita tidak bisa melakukannya. Yang ada adalah perasaan gelisah pastinya kan. Apalagi keesokan harinya kita harus bekerja. Saya pernah mengalami insomia atau gejala sulit tidur dimana keesokan harinya harus menghadiri meeting di kantor. Walau saya bangun tidur tetap di jam biasa, namun ada rasa lelah yang tak tertahan karena jam tidur berkurang akibat insomnia.

Setelah saya pikir-pikir, ada beberapa hal yang menyebabkan sulit tidur di malam hari, misalnya saja:
  • Kondisi Badan Terlalu Lelah
Walaupun badan sedang dalam kondisi capek yang amat sangat, namun justru saya tidak bisa langsung memejamkan mata untuk tidur di malam hari. Selalu saja ada alasan untuk membuka smartphone walau badan sudah rebahan di atas kasur.

Saya justru akan bisa tertidur setelah mata bermenit-menit menatap layar gadget, bukannya karena dalam kondisi lelah. Padahal bisa jadi ketika kondisi lelah kita tertidur, hal itu bagusdi saat kita bangun keesokan harinya.
  • Kondisi Stress
Stress karena pekerjaan, stress karena masalah pribadi bisa mengakibatkan seseorang justru tidak bisa cepat tidur di malam hari. Ingin segera menyudahi masalah yang dihadapi, sehingga mengakibatkan seseorang berpikir lebih lama dari biasanya. Oleh sebab itu waktu tidurnya pun berkurang dan malam hari dia akan mengalami insomnia.
  • Overthinking
Sebenarnya overthinking dalam hidup itu merupakan suatu kondisi mental yang tidak baik dialami oleh seseorang. Overthinking adalah sikap yang dipikirkan seseorang meskipun dia belum tahu apakah hal itu akan terjadi atau tidak.

Jika Anda termasuk seseorang yang sering overthinking, maka segera buang jauh-jauh perasaan itu karena sering mengganggu kualitas tidur Anda. Anda akan lebih sering dipaksa berpikir akan hal yang belum tentu terjadi. 
  • Kebanyakan nonton drama Korea
Kalau ini sih konyol banget kan! Jadi ceritanya saya sedang suka banget nonton drama Korea yang episodenya paling panjang 20 episode. Nah, kadang alur cerita drakor kan suka bikin penasaran hingga akhirnya saya suka marathon drakor.

Yang terjadi adalah saya sulit tidur di malam hari karena sudah kebiasaan. Tentu saja tidak baik karena tidur yang kurang akan menyebabkan kesehatan makin lama makin menurun. Kulit pun bisa mengalami penuaan dini.

Lalu bagaimana jika insomnia terus menerus mengganggu Anda sementara Anda butuh tidur berkualitas karena esok hari harus bekerja. Ini yang harus dilakukan ketika sulit tidur di malan hari:

1. Berdoa dan Berwudhu Bagi yang Beragama Islam

Memang bagi umat Islam, disarankan sebelum tidur di malam hari hendaknya mengambil air wudhu dan berdoa sebelum memejamkan mata. Sebenarnya saya yakin semua agama juga mengajarkan hal baik kepada umatnya ketika hendak tidur malam.

Dengan berdoa kepada Tuhan, maka secara tidak langsung kita akan melakukan instrospeksi apa saja yang sudah kita lakukan selama hari ini dan jika ada kesalahan, maka diharapkan keesokan harinya kita tidak melakukan kesalahan yang sama.

2. Setel Alunan Musik

Jika setelah berdoa Anda belum dapat juga memejamkan mata, maka cobalah untuk memutar musik melalui handphone misalnya. Tapi jangan sambil scroll media sosial ya karena akan semakin sulit tidur nantinya.

Coba putar lagu-lagu yang beralunan musik soft atau lembut. Ada banyak kok instrument pengantar tidur yang dapat kita putar di channerl YouTube. Saya pun pernah melakukannya dan it works!

3. Membaca Buku 

Membaca buku berbeda dengan scroll media sosial. Kalau kita scroll media sosial di gadget maka kita tidak bisa menyaring apa saja yang dapat dilihat di beranda medsos kita. Yang ada nanti kita makin overthinking jika isi medsos seputar pelakor saja,  hahaha.

Nah, kalau membaca buku kan kita bisa memilih buku mana yang ingin dibaca. Buku yang membawa kepada energi positif sebaiknya dibaca menjelang tidur, agar dapat menyerap ke dalam alam bawah sadar dan keesokan harinya bisa membuat hidup lebih semangat.
Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Sulit Tidur di Malam Hari? Ini yang Harus Anda Lakukan"