Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Tanda Anda Terserang Kolesterol

 


Kesehatan merupakan faktor penting bagi manusia. Tak terkecuali usia muda maupun tua. Semua orang bahkan sedari usia remaja wajib menjaga kesehatan. Hal ini dikarenakan agar ketika memasuki masa tua tidak berdampak pada kesehatannya.

Tapi tak jarang ada individu yang sudah menderita penyakit kompleks bahkan ketika usianya masih muda beliau. Apalagi kalau bukan faktor gaya hidup yang menjadi alasan terbesar. Selain gaya hidup, pola makan tentu menjadi penyumbang terbesar seseorang mendapatkan penyakit di usia produktif.

1. Suka Jajan Makanan Sembarangan

Jajan makanan kesukaan kita boleh-boleh saja kok. Apalagi pas lapar, maka jajan merupakan jalan paling praktis karena tak perlu capek memasak. Tapi apakah kalian sudah mempertimbangkan kalau jajanan food street alias kaki lima itu sudah higienis? Ataukah jajanan itu sudah melalui proses pencucian yang benar?

Sesekali sih tidak apa-apa kita abaikan protokol kesehatan makanan, namun jika terlalu sering jajan di pinggir jalan tanpa memperhatikan bahan racikan yang dimasak, bisa berbahaya juga bagi percernaan kita. Akibatnya kita mudah terserang penyakit.

2. Makan dan Minum Berkalori Tinggi

Bukannya sok ngajari, namun saya pun masih melakukannya yaitu makan dan minuman berkalori tinggi. Kalau lagi nyales, kemudian haus saya selalu mampir ke minimarket terdekat untuk membeli teh di dalam botol kemasan atau kopi kemasan yang enak banget. Selain itu pula, saya dan suami kerap makan di resto cepat saji kalau pas kelaparan.

Sesekali melakukannya sih boleh saja, namun terlalu sering itu yang tidak baik. Selain membuat kantong cepat kosong, makan dan minum dengan kalori tinggi bisa menyebabkan kadar gula naik lho. Apa jadinya? Kita bisa terserang diabetes.

3. Jarang Berolahraga

Katanya generasi sekarang sukanya rebahan sambil scroll media sosial, apa benar? Jangankan generasi sekarang, saya yang menjadi generasi Y saja sekarang sukanya rebahan tanpa ada tujuan yang jelas. Nah, mending juga olahraga karena bisa buat badan sehat dan berenergi. 

Jarang berolahraga membuat badan kita tidak bergerak. Akibatnya terjadi penumpukan lemak jahat di dalam tubuh. Obesitas pun dimulai. Kalau sudah obesitas maka segala jenis penyakit akan mampi ke tubuh kita. Duh, kalau seperti ini sudah donk jadinya. Kita akan mulai ketergantungan minum obat dan tidak baik bagi ginjal kita.

Kolesterol: Penyakit Menakutkan yang Timbul Karena Pola Makan Tidak Tepat

Jadi ceritanya beberapa bulan belakangan ini saya sering sekali pusing dan tengkuk sakit. Padahal saya tidak salah tidur. Kata orang, tengkuk sakit biasanya karena salah tidur gitu. Saya merasa ketika tidur pun dalam posisi normal.

Isenglah saya memeriksakan kondisi kesehatan di Laboratorium Klinik Optima yang lokasinya tidak jauh dari rumah. Betapa terkejutnya saya ketika mendapati kadar kolesterol sudah di angka 209. Padahal secara normak, kolesterol sebaiknya tidak berada di atas 200 lho. 

Ternyata saya sudah mengalami gejala terserang kolesterol melalui beberapa indikasi berikut, namun saya tidak memedulikannya karena saya anggap penyakit ringan.
  1. Tengkuk atau bagian belakang leher terasa sakit
  2. Sering sakit kepala tanpa sebab
  3. Lebih mudah capek walau hanya melakukan aktivitas biasa.
  4. Gampang mengantuk walau porsi tidur sudah normal yaitu selama 8 delapan jam setiap harinya
  5. Nyeri pada dada walau tidak cidera karena benda apapun
Banyak orang yang cenderung abai meski sudah divonis kolesterol dengan ditandai angka yang sudah melebihi ambang batas nilai normal. Hal ini dikarenakan tidak ada gejala serius yang dialami oleh seorang pasien. Namun berbahaya manakala tiba-tiba Anda jatuh pingsan dikarena kolesterol dalam darah sudah melebihi batas normal.

Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Ini Tanda Anda Terserang Kolesterol"