Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Tempat Wisata Pantai di Jawa Timur


Wisata Pantai
Sumber : Pixabay

Indonesia merupakan negara dengan beragam kebudayaan. Banyak pulau di Indonesia yang bisa kita kunjungi. Tentunya juga banyak tempat wisata yang ada di pulau-pulau tersebut. Tak hanya wisatawan domestik yang bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata itu, namun juga wisatawan mancanegara bisa menikmati keindahan Bumi Nusantara.

Salah satu propinsi yang menawarkan keindahan pariwisatanya adalah Jawa Timur. Propinsi Jawa Timur memiliki 28 kabupaten dan 9 kota. Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan ibukota Jawa Timur yaitu Surabaya. 

Dengan adanya 28 kabupaten dan 9 kota ini tentunya banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi apabila kalian ingin travelling ke setiap daerah di Jawa Timur.

Jika Anda adalah seorang travel blogger, pastinya mencari konten yang berhubungan dengan tempat wisata seolah menjadi hal wajib. Saya pun semenjak suka menulis di blog bisa dibilang sering mengabadikan momen ketika berada di suatu tempat wisata yang belum pernah dikunjungi dan terlihat menarik jika dijadikan bahan tulisan.

Saya pribadi belum menjejakkan kaki di banyak tempat wisata yang ada di Jawa Timur. Karena banyak mendapat informasi dari teman atau kerabat yang suka travelling, ditambah lagi banyaknya literatur mengenai ulasan tempat wisata akhirnya membuka wawasan.

Tempat Wisata yang Ada di Jawa Timur: Jangan Lewatkan Keindahan Pantainya

Kali ini saya ingin menulis mengenai tempat wisata yang ada di Jawa Timur, khususnya wisata yang berhubungan dengan air. Apalagi jika bukan wisata pantai yang selalu bikin gak bisa move on.

1. Pantai Papuma

Pantai ini terletak di Jember yang konon katanya memiliki keindahan yang hampir mirip dengan Raja Ampat. Wah kalau begitu dengan berkunjung ke Pantai Papuma, kita sudah seperti berada di Raja Ampat.

Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Papuma sendiri merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan. 

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke pantai Papuma, hanya cukup mengeluarkan Rp. 7.000,- saja untuk membeli tiket masuknya. Harga Rp. 7.000,- berlaku untuk hari biasa, sementara untuk hari libur harga tiket menjadi Rp. 15.000,-.

2. Pantai Klayar 

Pacitan merupakan kota kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dimana memiliki pantai yang tak kalah menarik, yaitu Pantai Klayar.

Pantai Klayar terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Di pantai ini, kalian bisa menemukan batu karang besar menyerupai Sphinx seperti yang ada di Mesir. 

3. Pantai Kasap

Lagi-lagi Pacitan memberikan pesona wisata pantai yang bisa menghipnotis pengunjung yang menyukai wisata air. Ah, semoga saya bisa berkunjung ke Pacitan suatu saat. 

Nah, kalau di Jember ada Pantai Papuma sebagai Raja Ampatnya Jember, maka di Pacitan juga ada pantai yang bisa dibilang miniatur dari Raja Ampat. Adalah Pantai Kasap yang berlokasi di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkulu, Kabupaten Pacitan.

Kalian bisa melihat keindahan gugusan batu karang yang ada di Pantai Kasap. Di pantai kita bisa menikmati deburan ombak yang bisa membuat hati tenang. Bagi kalian yang ingin menghilangkan stress, bisa jadi pantai merupakan obat mujarab untuk healing. 

4. Pantai Siring Kemuning

Di pulau Madura sendiri, kalian bisa datang dan buktikan kalau ternyata wisata Madura tidak kalah menarik dengan wisata kota lainnya yang ada di Jawa Timur.

Salah satunya adalah pantai Siring Kemuning yang terletak di kabupaten Bangkalan, Madura.

Selain pantai Siring Kemuning, masih ada 12 wisata pantai lagi yang terdapat di Madura, sebut saja:
  • Pantai Sambilangan di Bangkalan
  • Pantai Batu Malang, di Bangkalan
  • Pantai Rongkang, di Bangkalan
  • Pantai Nepa, di Sampang
  • Pantai Jumiang, di Pamekasan
  • Pantai Batu Kerbuy, di Pamekasan
  • Pantai Talang Siring, di Pamekasan
  • Pantai Slopeng, di Sumenep
  • Pantai Lombang, di Sumenep
  • Pantai Ponjuk Timur, di Sumenep
  • Pantai Gili Labak, di Sumenep
Bagaimana? Banyak bukan wisata pantai di Madura yang pastinya ga akan membuat bosan jika travelling ke pulau garam tersebut.

Penutup

Berwisata merupakan suatu kegiatan yang mungkin harus kita lakukan manakala memiliki dana. Terkadang kita harus terlepas sejenak dari rutinitas keseharian untuk bisa menikmati berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia. Dan pantai merupakan salah satu tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi. 

Bagaimana dengan kalian? Pantai mana di atas yang sudah pernah kalian kunjungi?


Sumber:

Idntime.com
Wikipedia 

1 komentar untuk "Rekomendasi Tempat Wisata Pantai di Jawa Timur"

  1. Wisata pantai merupakan destinasi favorit keluarga saya, terutama anak-anak. Pantai Papuma dan Siring Kemuning sudah pernah saya singgah.
    Dari dulu pingin banget ke Pacitan... Baca ini jadi pingin ke sana deh...

    BalasHapus