Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Belajar Membaca Anak SD yang Paling Efektif!

Metode belajar

 
Metode belajar membaca anak SD sangat bervariatif. Agar anak tidak cepat bosan saat belajar, biasanya orangtua perlu menerapkan metode belajar membaca yang lebih ringan dan menyenangkan. 

Semakin kreatif kamu mengajari si kecil belajar membaca, maka pelajaran yang diterima juga akan lebih mudah diserap otak si kecil. Selain itu, anak juga akan merasa senang dan termotivasi saat belajar membaca.

Mengajarkan anak belajar membaca memang bukanlah hal yang mudah. Biasanya anak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa belajar membaca dengan lancar. Sebagai orangtua, kamu tentu memerlukan kesabaran yang besar dalam hal ini.

Tapi kamu tak perlu khawatir, ada beberapa metode belajar yang bisa kamu terapkan untuk anak agar bisa cepat lancar dalam membaca. 

Metode Belajar Anak SD Paling Efektif

Sebelum belajar membaca, tentunya kamu harus memperkenalkan huruf alfabet pada anak. Biasanya ini sudah diajarkan sejak anak duduk di bangku TK. Setelah mengenal huruf alfabet, kamu harus memperkenalkan bunyi huruf tersebut atau fonik (phonics).

Setelah anak menguasai dua hal tersebut, barulah kamu bisa mengajarkannya membaca. Sebaiknya, lakukan metode belajar membaca anak SD berikut ini agar si kecil tidak mudah bosan selama proses pembelajaran.

Buku dengan banyak gambar

1. Membaca Buku Bersama Anak

Metode belajar membaca anak SD pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membaca buku bersama anak. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan buku belajar membaca khusus yang dilengkapi oleh gambar.

Buku dengan banyak gambar biasanya akan terlihat lebih menyenangkan bagi anak. Selanjutnya, ajak anak membaca buku bersama dan lafalkan setiap kata dengan jelas. Setelah kamu membacanya, cobalah ajak anak untuk mengikutimu membaca.

Ulangi tahapan ini berkali-kali hingga anak lancar menyebutkan kata tersebut. Setelah lancar, cobalah membaca kata lain dan ulangi tahapan di atas. Metode membaca untuk anak SD ini dapat meningkatkan semangat anak untuk belajar.

2. Gunakan Kartu Belajar Membaca

Saat ini, ada banyak media yang bisa kamu gunakan untuk mengajarkan anak belajar membaca dengan mudah. Salah satunya adalah kartu belajar membaca. Biasanya kartu ini berupa tulisan nama-nama buah, nama hari, nama hewan, dan sebagainya.

Gunakan kartu belajar membaca ini untuk mengajari si kecil belajar. Ajari mereka cara membaca kartu tersebut berulang kali, kemudian kamu bisa mengetesnya untuk menyebutkan nama-nama yang ada di dalam kartu tersebut.

Mengajarkan anak sekolah dasar belajar

3. Belajar Membaca Sambil Mewarnai 

Selain kartu belajar membaca, kamu juga bisa mengajarkan anak belajar membaca sambil mewarnai. Cara melakukannya, gambar beberapa buah-buahan di kertas kosong, tuliskan nama dari masing-masing buah tersebut di atasnya.

Kemudian mintalah anak untuk mewarnai setiap buah tersebut. Dengan begitu, anak akan mangenali tulisan serta cara membaca nama buah-buahan tersebut. Selain buah, kamu juga bisa menggunakan benda-benda lain yang familiar dengan anak.

4. Belajar Membaca dengan Papan Tulis

Belajar menggunakan papan tulis biasanya akan meningkatkan motivasi belajar anak. Buatlah suasana belajar di rumah terkesan seperti bermain-main. Tulis satu kata di papan tulis, baca kata tersebut dan mintalah anak untuk mengikutimu membaca.

Metode belajar membaca anak SD ini banyak dilakukan oleh para orangtua. Dengan menggunakan papan tulis, anak akan lebih tertarik untuk membaca apa yang kamu tulis di sana. 

Mengajarkan anak sekolah dasar belajar memang membutuhkan kesabaran yang besar. Namun ini akan sangat menyenangkan jika dilakukan dengan metode belajar membaca anak SD yang kreatif.

Nikmatilah waktu belajar bersama anakmu selagi mereka masih duduk di bangku sekolah dasar. Karena setelah masuk ke bangku SMP, SMA, hingga perguruan tinggi, mereka sudah tidak akan memintamu untuk mengajarinya lagi. 

Mengingat jenjang pendidikan anak yang masih panjang, apakah kamu sudah mempersiapkan dana pendidikan anak dari sekarang? Dana masa depan anak merupakan aset paling penting yang harus kamu siapkan sejak dini. 

Seperti yang kita ketahui, biaya pendidikan terus meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, banyak kondisi rumah tangga tertentu yang kerap membuat anak harus putus sekolah. Seperti perceraian, krisis ekonomi, hingga meninggal. 

Oleh karenanya, kamu perlu mempersiapkan dana pendidikan anak dari sekarang. Salah satu cara mempersiapkan dana pendidikan adalah dengan menggunakan produk asuransi pendidikan. Seperti halnya produk Asuransi Beasiswa Ciputra yang ditawarkan oleh Ciputra Life. 

Asuransi Beasiswa Ciputra

Apa Itu Asuransi Beasiswa Ciputra?

Asuransi Beasiswa Ciputra, merupakan salah satu produk unggulan dari Ciputra Life untuk menjawab kebutuhan keluarga Indonesia akan pentingnya mempersiapkan dana pendidikan anak.

Asuransi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang kebutuhan pendidikan anak. Cukup 5 tahun bayar premi, dana pendidikan akan cair sebanyak 5x pada waktu yang telah ditentukan:
  • Tahun Polis ke 1 – 5: Orang tua bayar premi.
  • Tahun Polis ke 6: Cair sebesar 10% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 9: Cair sebesar 15% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 12: Cair sebesar 20% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 15: Cair sebesar 25% dari total beasiswa yang dipilih.
  • Tahun Polis ke 18: Cair sebesar 25% dari total beasiswa yang dipilih.

Keuntungan Asuransi Beasiswa Ciputra

Tak hanya itu saja, ada banyak keuntungan dari asuransi beasiswa Ciputra yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:
  • Kamu dapat memilih sendiri besaran beasiswa sekolah atau dana pendidikan yang dibutuhkan anak hingga perguruan tinggi.
  • Masa bayar premi yang cukup singkat, hanya 5 tahun saja dengan nilai premi tetap.
  • Waktu pencairan dana terencana dan dibagi dalam 5 tahap.
  • Jika tertanggung (orang tua yang membayar premi) terdiagnosa penyakit kritis tahap akhir seperti yang tertera dalam polis dan telah melewati masa tunggu, maka Ciputra Life akan membebaskan pembayaran premi hingga masa pembayaran premi berakhir.
  • Jika tertanggung (orang tua yang membayar premi) dalam masa pembayaran premi dan sudah melewati masa tunggu mengalami resiko meninggal dunia karena sakit atau penyakit kritis, maka anak akan mendapatkan santunan duka sebesar 25% dari total nilai beasiswa sekolah yang dipilih di awal.
  • Apabila memilih pembayaran premi secara tahunan akan mendapatkan diskon premi.
Dengan menggunakan Asuransi Beasiswa Ciputra, kamu tak perlu menyisihkan anggaran untuk pendidikan anak dalam jangka waktu yang panjang. Cukup 5 tahun bayar premi, kamu sudah bisa mendapatkan jaminan dana pendidikan anak hingga perguruan tinggi. 

Kunjungi website asuransibeasiswa.ciputralife.com untuk informasi selengkapnya tentang produk asuransi beasiswa Ciputra. 

Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Metode Belajar Membaca Anak SD yang Paling Efektif!"