Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis Drakor Dr. Cha, Ketika Dokter Tidak Praktik Selama 20 Tahun

 
Sinopsis Drakor Dr. Cha


Drama Korea selalu saja memberikan tontonan yang menarik bagi saya. Bukan berarti saya tak menyukai tontonan dalam negeri, namun entah mengapa saya masih menikmati drama Korea dari tahun 2012 sampai saat ini meskipun sempat terputus-putus dalam menontonnya. Kok ya saya bersyukur sekali karena di zaman sekarang menonton drama Korea itu sangatlah murah, cukup dengan menggunakan aplikasi streaming online dan berlangganan maka kita bisa pilih judul mana yang bisa ditonton.

Baiklah, di tahun 2023 ini pilihan menonton drakor jatuh pada Dr. Cha, dimana bercerita mengenai kehidupan seorang perempuan yang 20 tahun lamanya meninggalkan profesi sebagai dokter, dikarenakan harus mengurus rumah tangganya. Yup, siapa lagi kalau bukan Dr. Cha Jeong Suk, si pemeran utama dalam drama Korea Dr. Cha.

Pemain Drama Korea Dr. Cha

Uhm Jung Hwa sebagai Dr. Cha Jeong Suk

Kim Byung Chul sebagai Seo In Ho (suami Dr. Cha)

Min Woo Hyuk sebagai dr. Kim Roy 

Myung Se Bin sebagai Choi Sung Hee (Selingkuhan Dr. Seo In Ho)

Park Jun Geum sebagai Ibu mertua Dr. Cha

Kim mi Kyung sebagai Ibu dari Dr. Cha

Song Ji Ho sebagai Jung Min, anak pertama Dr. Cha

Lee Seo Yeon sebagai Seo I Rang, anak bungsu Dr. Cha

So A Rin, sebagai Choi Eun Seo, anak hasil perselingkuhan Seo In Ho dan Sung Hee

Entah kenapa, ketika menonton drakor ini, bawaannya justru bukan gemes ke pelaku perselingkuhan, namun justru ngakak karena tingkah lakunya yang konyol setelah beberapa episode awal. 

Awalnya dr. Cha ini mengisahkan mengenai seorang dokter sekaligus ibu rumah tangga yang bernama Cha Jeong Suk dimana sudah 20 tahun meninggalkan profesinya demi mengurus rumah tangganya. 

Karena mengurus rumah tangga tidak semudah yang dibayangkan, sehingga hal inilah yang menyebabkan Cha Jeong Suk akhirnya sakit parah yaitu gagal liver yang menyebabkan dia harus menjalani transplantasi liver. Walau dr. Cha memiliki keluarga yang harmonis, ternyata itu hanya casing luarnya saja.

Dr. Cha menikah dengan teman kuliahnya di fakultas kedokteran di usia yang cukup muda belia. Hal ini dikarenakan dr, Cha hamil terlebih dahulu sebelum menikah dengan dr. Seo namun bersyukurnya dr. Seo mau bertanggung jawab menikahinya.

Sebelum menikahi dr. Cha ternyata In ho sudah memiliki kekasih yang bernama Sung hee, dan perempuan inilah yang kemudian menjadi selingkuhan In Ho setelah bertahun-tahun menjadi suami setia.

Gegara pas In ho sedang dinas ke Amerika, tak sengaja bertemu mantan kekasih ketika di perkuliahan lalu akhirnya cinta lama bersemi kembali. Sayangnya cinta lama itu merupakan cinta terlarang karena Seo In ho sudah beristrikan dr. Cha.

Konflik dimulai ketika dr. Cha harus mencari pendonor liver untuk dirinya, sementara suami tidak bersedia menjadi pendonor. Lebih tepatnya tidak diperbolehkan oleh ibu dari In Ho, atau mertua dr. Cha.

Gemes banget kalau saya menonton di awal episode, dimana dr. Cha seolah menjadi pembantu bagi mertuanya itu. Dari membuat jus, mengambil tas pesanan mertuanya, hingga menyiapkan segala kebutuhan rumah tangga. Duh, kasihan banget pokoknya menjadi Cha Jeong suk itu.

Selama menjalani pengobatan sebagai penderita liver, dr. Cha bertemu dengan dr. Roy yang menangani penyakit sekaligus melakukan operasi transplantasi liver untuknya.

Dr. Roy bukan dokter biasa ternyata. Dia memiliki kepedulian besar terhadap pasiennya. Yang pasti dr. Roy juga mengetahui siapa Cha Jeong suk, yaitu seorang dokter yang sudah puluhan tahun tidak praktik.

Operasi transplantasi liver pun berjalan dengan sukses walau liver yang didonorkan berasal dari pasien lain yang tak dikenal. Merasa hari-hari yang dihabiskan monoton dan tak bermakna, Cha Jeong suk memutuskan untuk mencoba kembali terjun ke dunia dokter yang dulu pernah dijalaninya.

Menjadi dokter residensi tentu langkah awal yang harus dilalui oleh dr. Cha. Yang bikin berdebar adalah dr. Cha harus bekerja di rumah sakit yang sama dengan suami dan anaknya bekerja. Ohya, Jung min anak pertama dr. Cha dan In ho juga berprofesi sebagai dokter.

Kalau hanya satu rumah sakit dengan suami dan anak sih tak masalah ya. Lalu bagaimana jika satu kantor dengan selingkuhannya suami? Pasti nyesek donk, apalagi jika pada akhirnya dr. Cha mengetahui perselingkuhan suaminya tersebut. Dan yang paling mengejutkan adalah ternyata suaminya memiliki anak hasil perselingkuhan dengan mantan kekasihnya itu. Daebak!!

Apa tidak hancur perasaan dr. Cha, mengetahui suami yang dicintainya, ayah dari dua anaknya, ternyata tidak setia bahkan sampai memiliki keturunan dari simpanannya.

Banyak kejadian yang mewarnai drama dr. Cha ini. Mulai dari tingkah lucu dari dr. Cha sendiri, sikap jahat yang ditunjukkan Seung Her sebagai selingkuhan kepada dr. Cha, sampai niat jahat Eun So yang mendekati saudara tirinya I rang yaitu anak Dr. Cha untuk membongkar perselingkuhan ayahnya yang melahirkan Eun So.

Duh, saya sedih banget pas nonton adegan I rang menangis karena tak terima dengan kenyataan Appa-nya punya "anak "haram" dengan selingkuhannya.

Saya tidak ingin memberikan spoiler yang berlebihan atas Drakor Dr. Cha yang sudah saya tonton ini. Namun memang bagi saya Drakor ini top markotop deh. Banyak pesan moral yang bisa diambil setelah menonton drama Korea ini.

Apa Saja Pesan Moral Dari Drakor Dr. Cha

Rasanya sia-sia kalau menonton tayangan drama namun tidak ada hikmah yang bisa kita ambil. Sama halnya ketika saya menonton Dr. Cha sampai tamat 16 episode, maka ada banyak pesan moral yang bisa dipetik, yaitu:

  1. Jangan pernah berselingkuh, karena akan merugikan pihak laki-laki maupun perempuan itu sendiri.
  2. Mengejar impian itu perlu untuk seorang wanita agar dia tidak menyesal di kemudian hari.
  3. Berbuat baiklah, maka suatu ketika kebaikan itu akan kembali kepadamu. Dr. Cha yang selalu baik kepada mertuanya meskipun sering dimanfaatkan, namun ternyata kebaikannya akan kembali ke dirinya sendiri.
  4. Setua apapun usiamu, jika masih diberi kesempatan untuk berkarya maka jangan sia-siakan. Dr. Cha yang sudah tak muda lagi tetap semangat menjalani masa residensi sebagai dokter dan tak mempermasalahkan apabila harus dipimpin oleh dokter yang lebih muda usianya.
Untuk kalian yang belum nonton drama Korea dr. Cha, maka bisa banget nonton secara marathon di Netflix. Total keseluruhan ada 15 episode yang bisa kalian tonton.

Siapin cemilan dan mungkin tissue kalau kalian merasa sedih ketika menonton beberapa episode terakhir dr. Cha.

Selamat menonton ya.


Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

5 komentar untuk "Sinopsis Drakor Dr. Cha, Ketika Dokter Tidak Praktik Selama 20 Tahun"

  1. Pas baca reviewmu tentang drakor dr.cha jadi tertarik deh untuk nonton. Maklumlah kesibukanku malah bikin ga fokus lagi nonton drakor.

    BalasHapus
  2. Masyaallah, aku sempat liat beberapa cuplikan dr.cha ini seliweran tp gak nonton secara utuh, secara garis bedar sedikit pham alur ceritanya. Aku jd termotivasi utk berkarir lagi karena melihat anak2ku sudah besar dan mulai mandiri

    BalasHapus
  3. Film Korea saya tahunya film train to Busan dan the flu, itupun karena mirip Pandemi hehe.. Tapi saya melihat drakor itu topiknya selaku dekat dengan keseharian dengan karakter aktornya yang kuat, tidak sebatas tampang. Thx ulasannya

    BalasHapus
  4. Saya tak sengaja menonton acara ini saat putri saya serius mantengin teve. Ternyata asyik juga ya. Emang drakor selalu pintar memainkan emosi penontonya.

    BalasHapus
  5. Saya belum menonton drama Korea ini, tetapi saya sering melihat cuplikannya di media sosial, jadi tahu alur ceritanya sepintas. Seru banget, ya, pas tau ternyata awalnya dr. Cha lah yang "merebut" sang suami dari pacarnya semasa kuliah.

    BalasHapus