Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Fokus Bekerja di Kantor? Begini Tipsnya

 
Fokus Bekerja

Pernah tidak kalian merasa tidak fokus bekerja di kantor padahal banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan hari itu juga. Tentunya jika hal itu terjadi pada diri kalian maka yang ada seperti dikejar oleh sesuatu yang tak nampak namun menakutkan. Menakutkan karena jika pekerjaan tidak selesai maka akan kena marah bos kan.

Saya sering sekali tidak fokus bekerja dikarenakan masalah di rumah yang tanpa sengaja dibawa ke kantor. Seharusnya tidak boleh ya membawa permasalahan pribadi ke tempat kerja karena hanya akan membawa energi negatif pada pekerjaan Anda.

Seharusnya ketika kita memiliki masalah di rumah sementara keesokan harinya harus bekerja maka yang seharusnya dilakukan adalah:
  1. Tinggalkan masalah pribadi di rumah lalu mulai persiapan untuk bekerja
  2. Ketika sampai di kantor, lupakan sejenak masalah pribadi Anda
  3. Sebaiknya tidak curhat dengan rekan kerja permasalahan pribadi apabila sedang di kantor, Jika ingin curhat maka curhatlah di luar jam kerja dan tentu saja di luar kantor.
Kantor merupakan tempat kita mencari nafkah sehingga perlakukan dengan sebaik-baiknya. Bagaimana cara memperlakukan tempat kerja kita dengan baik, yaitu dengan menyelesaikan semua pekerjaan sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan.

Lalu bagaimana jika masih susah juga untuk fokus bekerja di kantor? Tentu ini masalah serius untuk Anda yang sulit fokus bekerja di kantor walau tidak sedang ada masalah pribadi. Bisa saja karena masalah lain misalnya Anda punya pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama di kantor, atau Anda seseorang yang adiksi pada games sehingga sulit meninggalkan bermain games walau di tempat kerja. Emang ada gitu? Oh banyak sekali bahkan saya punya teman kerja yang seperti itu. Akibatnya tentu saja Anda akan sulit untuk fokus bekerja.

Bagaimana agar kalian tetap bisa fokus bekerja sementara mungkin kalian bukan tipe individu yang mudah untuk fokus. Berikut tips sederhana dari saya:
  • Jauhkan gadget dari meja kerja
Ada orang yang sangat tidak bisa jauh dari gadget. Tentu saja hal ini berbahaya apabila Anda sedang bekerja di instansi. Bisa-bisa Anda dipecat hanya gara-gara menggunakan gadget tidak pada tempatnya. Boleh-boleh saja menggunakan gadget namun sebaiknya tahu batasan. Misalnya saja ketika istirahat kerja baru membuka gadget.
  • Buat skala prioritas pekerjaan
Saya pribadi mengakui jika banyak pekerjaan di kantor justru sulit untuk fokus. Akibatnya justru saya tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Akhirnya saya mulai membuat rencana kerja berupa skala prioritas pekerjaan apa saja yang harus didahulukan. Dengan begitu konsentrasi kerja saya tetap terjaga.
  • Berteman secukupnya
Terlalu banyak guyon dan bercanda dengan teman kerja di kantor menurut saya bisa menurunkan fokus kita pada pekerjaan. Boleh kok bergaul di kantor namun sekali lagi tahu batasan ya. Kalau mau bercanda dengan teman bisa kok ketika Anda sedang istirahat kerja. Setelah kembali pada jam kerja ya usahakan tetap fokus dan minimalkan guyonan.

Penutup

Sebagai seorang karyawan yang bekerja di perusahaan milik orang lain, maka loyalitas dan tanggung jawab harus ada di dalam diri kita. Salah satu hal yang wajib kita miliki adalah fokus agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Tentu kita tidak ingin ditegur oleh pimpinan hanya karena tidak fokus dalam bekerja. Selain dapat menurunkan performa, posisi kita di kantor jangan-jangan bisa terancam apabila terjadi evaluasi karyawan yang menyebabkan keberadaan kita tidak dibutuhkan lagi atau tidak diperpanjang kontrak kerja.

Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Ingin Fokus Bekerja di Kantor? Begini Tipsnya"