Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Langkah Mudah Membuat Blog Pertama Kali

 

Sebagai seorang blogger pemula, pastinya bingung kan mau mulai darimana ketika akan membuat blog. Saya pun demikian ketika pertama kali ngeblog.

3 Langkah mudah dalam membuat blog pertama kali antara lain:

  • Tentukan niche blog yang ingin Anda buat
Niche merupakan tema khusus yang harus Anda pikirkan ketika pertama kali membuat blog. Jangan seperti saya yang pertama kali membuat blog tidak punya niche khusus, hanya asal nulis. Akhirnya sekarang tema blog sama adalah gado-gado. Tak ada yang salah dengan niche gado-gado namun berpengaruh ketika Anda hendak mendapat job.

Misalnya saja brand produk makanan urung memberikan Anda pekerjaan menulis dikarenakan blog Anda tidak bertema kuliner. Mungkin Anda pernah menulis kuliner namun itu hanya sesekali saja, sementara brand produk kuliner itu ingin mencari blog yang penuh dengan ulasan kuliner.

Memiiki niche blog khusus itu sangat baik, namun jika Anda merasa nyaman dengan niche gado-gado, maka realisasikan saja apa yang menjadi keinginan Anda. Semua blog saya pun berniche gado-gado yang Alhamdulillah hampir semuanya sudah mendapat job walau masih beberapa. Yang penting saya bersyukur dengan pencapaian selama ini dimana kerja keras sampai mengorbankan jam tidur sudah menghasilkan sesuatu yang berbuah manis.
  • Pilih apakah Anda ingin menggunakan Blogger atau Wordpress sebagai platform membuat blog
Dulu saya tidak terpikir untuk membuat blog di Worpress karena yang saya lihat banyak blogger baru menulis artikel di platform Blogspost. Kedua platform tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. 

Seperti yang kita ketahui Blogspot itu jadi satu dengan Google jadi lebih stabil dalam hal sinyal dan koneksi. Cara membuat blog di Blogspot pun lebih mudah dan menurut saya lebih terjangkau dari segi biaya. Anda cukup membeli domain untuk satu tahun dan memperpanjang domain tersebut setiap tahun.

Sementara platform Worpress memang sedikit lebih mahal karena Anda selain harus membeli domain juga wajib membeli hosting sebagai tempat penyimpanan data-data artikel blog Anda. Walau lebih mahal dibanding Blogspot namun Wordpress lebih ramah SEO (Search Engin Optimization) karena akan memberi signal kepada kita penulis blog apabila tulisan belum sesuai kaidah SEO.

Kaidah SEO ini sangat penting bagi Anda yang ingin blognya berada di peringkat atas pencarian Google.
  • Buat nama blog yang menjadi ciri Anda agar mudah diingat
Ketika Anda menyebutkan nama kepada orang lain, tentu orang akan mengingat segala sesuatu yang unik mengenai diri Anda. Misalnya saja seorang Maria Tanjung dikenal memakai jilbab dan berbadan gemuk. Saya tidak akan marah karena memang faktanya demikian.

Sama halnya dengan nama blog yang Anda ciptakan pertama kali. Agar tidak menyesal kemudian hari, carilah nama blog yang bisa diingat orang lain dalam jangka waktu lama. Saran saya tidak perlu terburu-buru dalam mencari nama blog yang unik. Namun jika Anda sudah mentok maka bisa gunakan nama asli sendiri lho. Selain lebih autentik, nama asli kita akan menjadi kenangan suatu hari kelak apabila anak cucu mengetahui bahwa kita memiliki blog berisi tulisan-tulisan menarik.

Kesimpulan

Demikican cara sederhana dari saya untuk Anda yang berencana membuat blog sebagai sarana mengekspresikan diri dengan tulisan. Tema blog bisa Anda ubah apabila di tengah perjalanan menemukan ide baru berkaitan dengan tulisan. 

Namun nama blog akan permanen Anda buat karena mengganti nama blog artinya Anda harus mulai dari awal membangunnya. Sehingga dari awal pertimbangkan betul-betul nama blog yang hendak Anda buat.



Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "3 Langkah Mudah Membuat Blog Pertama Kali"