Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Kontrak Atau Beli Rumah? Yuk, Kita Bandingkan

 

Dalam hidup ini pasti kita sebagai manusia butuh yang namanya berteduh dari sengatan panas matahari atau guyuran air hujan. Rumah merupakan hunian yang aman dan juga nyaman bagi setiap orang dalam upaya berlindung diri dari serangan hewan buas, menimbulkan kenyamanan serta kebahagiaan bagi penghuninya.

Apa saja sih fungsi rumah bagi penghuni di dalamnya? Menurut saya pribadi fungsi rumah adalah:
  • Sebagai tempat beristirahat bagi penghuninya
Tidak dapat dipungkiri kita sebagai manusia akan pulang ke rumah setelah seharian beraktivitas baik itu bekerja, sekolah maupun aktivitas lainnya. Rumah sebagai tujuan berpulangnya seseorang karena di rumah kita bisa beristiraha, makan serta tidur di atas tempat tidur miliki sendiri.

Saya mendefinisikan rumah sebagai tempat ternyaman yang ada di muka bumi ini tanpa perlu mencari tempat lain. Jadi jika ada seseorang yang tidak betah di rumah, maka patut dipertanyakan mengapa dia sampai tidak betah. Apakah ada masalah dengan anggota keluarga atau faktor lain.
  • Tempat mengekspresikan diri
Saya lebih suka berada di rumah untuk mengekspresikan diri dengan menulis di depan laptop segala hal di blog pribadi. Saya sadar menulis itu bisa dilakukaan dimana saja tanpa terikat tempat namun bagi kalian yang menganggap rumah sebagai tempat ternyaman di dunia, mungkin yang kalian rasakan sama dengan saya.

Di rumah seorang ibu bisa mengekspresikan diri memasak makanan yang paling enak untuk seluruh anggota keluarganya. Ayah bisa menyalurkan hobi bercocok tanam di rumah dengan tenang. Anak dapat belajar dengan tenang di rumah.
  • Tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga
Jika sore menjelang tiba, maka hampir seluruh anggota keluarga lengkap berada di rumah. Yang terjadi adalah setiap individu yang berada di rumah akan saling berkomunikasi, tertawa bersama dimana akan menimbulkan kehangatan antar anggota keluarga.

Kehangatan keluarga tentu membuat kita bahagia karena memiliki keluarga utuh yang saling melengkapi. Dan rumah menjadi perantara untuk kebahagiaan tersebut.

Rumah sebagai tempat berlindung seiring berjalannya waktu tidak melulu terdiri dari sebuah bangunan beserta pekarangannya. Saat ini hunian tidak identik dengan rumah. Ada yang dapat berupa apartment dan juga kost-kostan.

Semua hunian pada dasarnya baik bagi individu yang tinggal di dalamnya. Yang perlu dilakukan adalah bagaimana menciptakan hunian yang nyaman agar kita betah berada di dalamnya.

Berbicara mengenai hunian, maka ada beberapa alternatif bagaimana Anda bisa menempati hunian dengan nyaman, yaitu mengontral atau membeli rumah. Tentunya semua bergantung pada individu masing-masing. 

Plus Minus Kontrak dan Beli Rumah

Berikut plus minus mengontrak rumah:
  1. Tidak memerlukan biaya yang cukup besar dibanding membeli rumah
  2. Harus repot memikirkan armada untuk mengangkut barang ketika pindah rumah
  3. Hidup yang tidak pasti karena harus berpindah-pindah tempat apabila masa sewa habis
  4. Jika kalian memiliki anak, maka harus beradaptasi kembali apabila harus pindah rumah karena habis masa kontrak. Hal ini juga berlaku bagi kalian sebagai orang dewasa, karena juga harus membuat laporan ke RT/RW setempat sebagai warga pendatang baru.
Sedangkan plus minus membeli rumah
  1. Harus mengeluarkan biaya lebih untuk mencicil rumah dalam jangka waktu yang lama
  2. Sebagai investasi untuk masa depan dan masa tua
  3. Tidak kuatir harus berpindah-pindah tempat sebagai rumah tinggal
Pastinya semua orang bisa memilih antara mau sewa rumah atau membeli. Tidak ada yang salah dengan kedua cara tersebut, semua bergantung kepada kemampuan finansial serta kebutuhan saja. 

Posting Komentar untuk "Pilih Kontrak Atau Beli Rumah? Yuk, Kita Bandingkan"