Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengusir Rasa Bosan Ketika Menulis Blog

 
Tips Mengusir Rasa Bosan

Duh, tiap hari kerjaannya menulis terus, menghadap layar laptop sambil memikirkan tema apa yang akan dipublish untuk keesokan hari? Pusing gak sih? Tentu pusing jika Anda bukan yang expert di bidangnya. Namun jika sudah terbiasa maka Anda tidak akan pusing jika harus berjam-jam menantap layar monitor laptop sambil berpikir mengenai ide tulisan.

Rasa bosan itu wajar dimiliki oleh seorang blogger. Jangankan blogger, individu tanpa embel-embel blogger pun sering menghadapi rasa bosan yang berujung pada kejenuhan. Dulu sebelum memutuskan menjadi seorang blogger, saya sering juga mengalami kebosanan yang tak tahu penyebabnya. Padahal manusia itu ya aktivitasnya begini-begini saja. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, ya monoton. Justru saya harus bersyukur karena menjadi blogger akan menemui banyak peristiwa berwarna warni, bertemu teman baru dan lain sebagainya. 

Saya sering mengalami kejenuhan itu. Manusiawi kok tapi jangan kebablasan ya bosan dan jenuhnya. Mau sampai kapan kita berada di zona malas sementara ngeblog merupakan sumber penghasilan tambahan yang cukup menggiurkan. Saya pun jika sedang malas menulis maka akan teringat fee yang akan dibayarkan agency manakala berhasil menyelesaikan artikel di blog.

Bagaimana tips mengusir rasa bosan ketika ngeblog versi saya? Berikut tipsnya:
  • Beri jeda sejenak
Jika dikejar deadline maka saya akan menulis tanpa jeda, walau sangat bosan sekalipun. Namun jika tidak terlalu dikejar deadline maka saya akan memberi jeda dalam setiap kegiatan menulis. 

Otak manusia juga perlu istirahat walau sebentar. Menulis menjadi tidak bermakna apabila kita terlalu memaksakan diri. Inspirasi tidak datang dengan sendirinya, namun terlalu memaksakan inspirasi maka tulisan kemungkinan akan jadi hambar.
  • Siapkan camilan favorit
Nah ini yang tidak boleh kalian lewatkan. Kalau saya sih lebih suka minum kopi susu di sela-sela kegiatan menulis. Untuk camilan sendiri, pilihlah favorit kalian agar menulis lebih terasa menyenangkan.

Jangan jadikan menulis sebagai kegiatan yang terpaksa dilakukan. Ingatlah, sebelum memutuskan menjadi blogger apa tujuan menulis bagi kalian. Apakah hanya sekadar hobi atau tuntutan pekerjaan. Kalau saya sih, berusaha saya seimbangkan antara keduanya. 
  • Keluarlah dari ruangan untuk menghirup udara segar
Ketika kamar tidur menjadi tempat kerja Anda, maka ketika sudah mulai merasakan tanda-tanda bosan menulis, segeralah keluar dari kamar. Carilah udara segar dengan mendatangi teras depan rumah. 

Lakukan stretching atau peregangan otot agar kalian tidak stress terlalu lama menatap layar laptop misalnya. Saya pribadi biasanya pergi ke meja makan untuk sekadar duduk sambil menatap isi di atas meja makan. Padahal sih meja makan suka kosong kalau sudah malam, hahaha. Namun entah mengapa saya suka melakukan peregangan otot dengan pergi ke meja makan saja, setelah itu kembali lagi untuk nulis ngeblog.
  • Dengarkan musik
Mendengarkan musik merupakan hal yang paling membuat saya nyaman, apalagi jika lirik dan nadanya saya sukai sejak mendengar pertama kali. Biasanya ketika ngeblog, saya tidak suka sambil mendengarkan musik karena akan memecah konsentrasi. Namun setelah ngeblog justru saya terhibur mendengarkan musik sebagai pengusir rasa bosan.

Ada beberapa blogger yang justru terbiasa mendengarkan musik untuk memecah kebisuan serta kebosanan. Tak masalah, gaya apapun yang kita terapkan sambil ngeblog yang penting enjoy dan menikmati kegiatan itu.

Penutup

Demikian tips sederhana dari saya untuk mengusir rasa bosan ketika menulis blog. Semoga tips ini bisa bermanfaat ke depannya. Intinya adalah jangan pernah merasa bosan sementara di luar sana ada banyak orang yang menjalani hari-hari mereka dengan penuh penderitaan dan pastinya akan sangat membosankan. Kita hanya butuh sedikit penyegaran agar terhindari dari kebosanan.

Semangat!!

Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "Tips Mengusir Rasa Bosan Ketika Menulis Blog"