Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mudah Menemukan Ide Tulisan Untuk Blog

 
Ide tulisan blog

Sebagai seorang bloger tentunya kita dituntut untuk kreatif. Kreatif dalam hal apa saja. Hal ini dikarenakan bloger ini tidak hanya menulis saja lho pekerjaannya. Ada banyak kreatifitas yang bisa dilakukan seorang bloger sebut saja menulis artikel, membuat desain infografis dan juga membuat video.

Bagi saya pribadi menemukan sebuah ide tulisan seolah menjadi hal yang wajib. Apalagi jika tulisan tersebut organik, dan bukan sponsored post atau artikel berbayar. Tidak mungkin donk blog kita hanya jadi etalase saja. Justru dengan menulis organik akan membuka peluang blog kita makin dicari oleh pembaca dan pengguna internet.

Saya pribadi masih jauh dari sempurna. Manakala melihat artikel teman saya sesama blogger rasanya masih malu pada diri sendiri. Kenapa sudah 3 tahun berkecimpung di dunia blogging, saya masih belum kreatif juga dalam menuangkan ide ke dalam tulisan. 

Cara menemukan ide tulisan antara lain:

  • Amati Lingkungan Sekitar

Mustahil ide tulisan itu akan habis. Setiap detik akan selalu muncul ide tulisan baru yang bisa Anda tulis menjadi bank ide. Kadang inspirasi itu datang tidak sengaja dalam hidup kita. Bisa jadi kita sendiri yang mengalami peristiwa, atau orang lain yang bahkan tidak kita kenal. 

Amati setiap hal yang terjadi pada lingkungan kita. Ini bukan berarti kita kepo ya sama kondisi sekitar, namun coba saja Anda tidak cuek dengan lingkungan kiri kanan. Biasanya kalau saya berangkat kerja diantar suami atau menggunakan ojek online, saya berusaha untuk mengamati kejadian sekitar. 

Pengemudi kendaraan yang kadang suka tidak sabar dan menyerobot jalan pengemudi lain kadang membuat saya menemukan ide tulisan. Tulislah hal yang sederhana karena kita tidak tahu latar belakang para pembaca di blog Anda. 

Blog bukan skripsi atau tesis, jadikan sebagai tempat curhat namun yang berkualitas. Jadikan blog sebagai ladang pahala Anda bahkan jika Anda sudah tidak ada di dunia ini pun, semua orang bisa membaca artikel di blog tersebut. 
  • Perbanyak Membaca Buku
Membaca buku merupakan jendela dunia. Dengan membaca maka wawasan kita akan terbuka lebar. Bacalah buku yang sesuai minat Anda. Contoh saya sendiri dimana saya sulit sekali untuk memahami tema buku yang dirasa berat.

Akhirnya saya saat ini lebih suka membaca buku dengan pembahasan ringan salah satu contoh mengenai tema motivasi. Tema motivasi dan kesehatan bisa jadi merupakan tema yang sedang kekinian. Semua orang butuh healing dan motivasi agar selalu bersemangat menjalani kegiatan sehari-hari. 

Saya sendiri juga butuh asupan gizi bacaan untuk memperbaiki kondisi mood yang suka naik turun. Akhirnya saya memberanikan diri menulis hal-hal yang bisa meningkatkan energi positif dalam diri sendiri. 
  • Jadi Pendengar yang Baik
Ketika teman atau saudara Anda datang dengan segudang permasalahan maka dengarkanlah mereka. Jangan tolak keinginan mereka untuk curhat denganmu.

Siapa tahu dari kisah mereka, Anda bisa menemukan tema tulisan yang menarik. Tentu saja Anda harus menulis dengan penuh kehati-hatian dan jangan sampai identitas kerabat tersebut muncul ke permukaan.

Memang setiap dari kita pasti ingin didengarkan juga. Saya pernah berpikir demikian. Kok harus saya sih yang jadi pendengar, kenapa saya terus yang jadi curahan hati dari teman saya. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk tidak berteman dengan siapapun karena tidak ingin menjadi sasaran curhat terus menerus. 

Namun setelah mengenal dunia blog, sedikit perubahan terhadap mindset saya yang mungkin sedikit keliru. 


Maria Tanjung
Maria Tanjung Jika ingin bekerja sama di blog ini, Anda dapat menghubungi saya di mariatanjung81@gmail.com Terima kasih

Posting Komentar untuk "3 Cara Mudah Menemukan Ide Tulisan Untuk Blog"