Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Makanan Korea di Surabaya

 
Makanan Korea di Surabaya
Sumber: Pixabay


Menggeluti profesi sebagai blogger itu mengasyikkan lho. Apalagi jika kamu memiliki lifestyle blog sebagai tempat menulis segala peristiwa untuk dijadikan kenangan atau sekadar curhat.

Biasanya apa saja sih yang kamu tulis di dalam blog? Tentu berbagai peristiwa donk mulai dari motivasi, kecantikan, kesehatan sampai keuangan. Semua tema tersedia, tinggal bagaimana kita mengolah menjadi sebuah tulisan yang menarik minat baca para pengguna internet.

Salah satu tema menulis di blog yang sekarang jadi hobi baru adalah review Drama Korea alias Drakor. Sebelum menulis, maka lebih afdhol apabila kita menonton filmnya terlebih dahulu kan. Bersyukur banget sekarang ini kita makin dipermudah untuk menonton Drakor melalui aplikasi menontonnya streaming, baik gratis atau berbayar.

Hal yang menarik apabila kita menonton drama Korea adalah kulinernya. Entah mengapa saya suka ngiler gitu kalau lihat para pemain drama Korea memainkan adegan sedang makan di kaki lima alias menikmati Korean Street Food. 

Burger Subway yang saat ini sedang happening di Surabaya membuat saya ingin mencicipinya, dikarenakan dijadikan salah satu lokasi syuting pada Drakor Crash Landing on You dan Descendants of The Sun. Jadi makan burger di Subway berasa jadi Song Hye Kyo, hahaha. Tapi karena burger bukan merupakan makanan khas Korea, akan saya skip ya. 

Baiklah, ijinkan pada kesempatan kali ini saya mengulas beberapa kuliner Korea yang ternyata bisa kita temukan di Indonesia, khususnya kota Surabaya. 

1. Tteobokki

Tteobokki merupakan jajanan Korea yang cukup sering muncul dalam adegan makan di drama Korea. Biasanya Tteobokki tersedia di kaki lima atau biasa disebut food street. Tteobokki merupakan kuliner Korea yang terbuat dari tepung beras yang disiram dengan saus Gochujang. Saus Gochujang ini memiliki rasa pedas manis yang menggoda selera apabila dimakan. Bisa dibilang Tteobokki merupakan kue beras yang dapat dimakan dengan campuran sayur dan daging.

Saya pernah makan Tteobokki ketika sedang ada acara Surabaya Food Festival di Mall East Coast yang terletak di Keputih. Rasanya gurih dan ada pedas-pedasnya. Di Surabaya sendiri TTeobokki sendirin dapat kalian temukan di daerah Pakuwon Indah Surabaya Barat yaitu restoran Tteobokki Queen atau juga Restoran Korea yang ada di Mall yaitu Kinchi Go yang salah satu menunya adalah TTeobokki.

2. Bibimbap

Menurut Wikipedia, Bibimbap merupakan salah satu makanan Korea yang bisa dibilang nasi campurnya Korea. Bibimbap terdiri dari nasi yang disajikan dengan lauk terdiri dari sayuran, daging sapi, telur, serta tak lupa saus Korea yang jadi ciri khas yaitu Gochujang. 

Cara makannya pun unik, yaitu dengan mengaduk seluruh isi yang terdapat di dalam mangkuk berisi nasi dan segala lauk pauknya. 

Di Surabaya sendiri, kuliner Bibimbap bisa kalian temukan di beberapa restoran yang ada. Sebut saja Baik Su Korean Resto yang berlokasi di Mayjend Sungkono, Surabaya. Atau kalian juga bisa pergi ke Myoung Ga yang ada di jalan HR. Muhammad untuk bisa makan Bibimbap.

3. Kimbap

Berdasarkan yang saya baca dari blog kawan blogger Mbak Silvana, kimbap merupakan kuliner Korea yang terbuat dari nasi yang diberi isi berupa sayuran dan lauk yang dibungkus ke dalam rumput laut. Kalau dilihat sih, mirip dengan sushi dari Jepang. Bisa dikatakan Kimbap merupakan sushinya Korea.

Di Surabaya sendiri, Kimbap bisa didapatkan di beberapa restoran yang ada di mall atau restoran yang berdiri sendiri. Sebut saja Kimbap Mak Yello yang ada di Galaxy Mall 2 Surabaya, atau juga Cafe Jalan Korea yang menyediakan Kimbap serta menu makanan Korea lainnya. Jangan salah, walau namanya Cafe Jalan Korea, namun lokasinya berada di Jalan Jemursari Surabaya. 

Selain di Surabaya, Kimbap juga bisa kalian beli di kota lain seperti di Malang. Makanan Korea di Malang ini juga bisa kalian temui lho. Kalau mau online bisa pesan di Kimbap Ara, dimana tak perlu ragu lagi dengan rasanya yang lezat. Kebetulan yang memiliki usaha ini adalah Mbak Silvana, salah satu teman di Komunitas One Day One Post atau ODOP. 

4. Jajangmyeon

Saya jadi ingat ketika nonton drama Korea Suspicious Partner yang pemain utamanya si ayang Ichang, alias Ji Chang Wook, dimana ada adegan Eun Bong Hee, si anak magang yang dituduh melakukan pembunuhan atas pacarnya, makan dengan lahap Jajangmyeon ketika sedang istirahat di saat proses interogasi. Sejak saat itu saya jadi penasaran dengan makanan Korea Jajangmyeon sehingga coba mencarinya di minimarket dekat kantor.

Jajangmyeon sendiri merupakan makanan Korea yang berupa mie instan dengan saus pasta kacang kedelai hitam. Kalau dulu saya tidak tahu apa itu saus pastanya sehingga saya kiri itu adalah kecap, hahaha.

Kalau kalian suka makan di Kimchi Go, bisa banget pesan Jajangmyeon lho. Saya pun pernah mencoba makan Jajangmyeon di Kimchi Go dan rasanya lumayan juga. Selain itu, Jajangmyeon bisa kalian temukan di Galbisal Korean BBQ yang ada di Manyar Kertoarjo.

5. Ramyun

Kalau makanan yang satu ini mungkin tak asing ya di telinga kita. Ramyun merupakan kuliner Korea yang mungkin telah banyak bermunculan, baik itu dijual di resto atau kaki lima, bahkan dalam bentuk instan yang bisa dibeli di supermarket terdekat.

Bisa dibilang Ramyun merupakan makanan murah meriah yang dijual di Korea. Jadi saya pernah nonton Drakor berjudul Ad Genius Lee Tae-baek dimana dia sakit gegara makan ramen instan tiap hari demi bisa mengirit pengeluaran karena baru merintis usaha periklanan.

Ramyun awalnya merupakan masakan mie kuah yang berasal dari Jepang, kemudian juga ada di Korea. Selain itu Ramyun atau lebih dikenal Ramen juga ada di Cina. 

Di beberapa artikel yang saya baca, ternyata ada perbedaan antara Ramen dan Ramyun dimana kuah Ramen berasal dari rebusan daging ayam, babi dan juga seafood. Sementara kuah Ramyun sendiri sudah tercampur dengan penyedap rasa sehingga rasanya lebih kuat. 

Kalau kalian suka yang mana? Kalau saya sih suka makan makanan Korea yang gratis, hahaha. Canda...✌️




Referensi:

https://www.tripadvisor.co.id/Restaurants-g297715-c10661-Surabaya_East_Java_Java.htmlhttps://www.idntimes.com/food/dining-guide/prila-arofani/restoran-korea-di-surabaya-rekomendasi-makan-enak
www.kumparan.com


Posting Komentar untuk "Rekomendasi Makanan Korea di Surabaya"