Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Traveling Dengan Budget Minimalis

 
Tips Liburan
Picture Source : Pixabay 

Liburan merupakan sesuatu hal yang menyenangkan. Saya pun sebisa mungkin setiap 2 kali dalam setahun mengambil cuti dan pergi ke suatu tempat barang 2 sampai 3 hari bersama suami, hanya sekadar bisa refreshing dari penatnya aktivitas selama setahun bekerja. Dan pergi ke suatu tempat tidak harus ke luar kota juga sih, di dalam kota saja bisa kok kita liburan. Misalnya saja dengan staycation. Saya pun menganggap staycation bagian dari liburan.

Banyak sekali manfaat liburan yang bisa kita dapatkan, misalnya saja:
  • Menghilangkan stress
Liburan mau dilakukan berapa hari dan dimana pun, jika memang niatnya refreshing maka akan menghilangkan stress. Hal ini saya rasakan ketika pernah dua hari staycation di salah satu hotel dekat rumah.

Walau hanya di dalam kota, namun saya melupakan segala urusan pekerjaan dan berusaha untuk melakukan hal-hal menyenangkan di dalam kamar hotel, misalnya saja menonton Drakor di Netflix menggunakan WiFi hotel, menulis di blog atau hanya sekadar melihat pemandangan dari dalam kamar.  Jangan salah, bagi saya menulis di blog merupakan salah satu sarana refreshing juga, sehingga dimana pun saya berada, tak masalah jika harus menulis.
  • Mendapat banyak pengalaman, terutama jika liburan ke suatu tempat.
Selalu ada hal baru apabila kita berada di luar rumah, apalagi untuk kegiatan liburan misalnya. Dengan melakukan liburan, kita akan mendapatkan pengalaman baru. Dari pengalaman yang didapat, maka kita punya kenangan dalam hidup ini. 

Liburan ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi tentunya juga mendapat pengalaman baru yang mungkin bisa kita ceritakan kepada teman yang belum pernah mengalaminya. Bukan bermaksud pamer, namun setidaknya ketika kita membagikan pengalaman liburan ke suatu tempat, bisa menjadi referensi bagi teman lain yang punya rencana serupa. 
  • Mempererat hubungan dengan pasangan maupun keluarga besar.
Pada sebagian orang ada yang suka berlibur bersama seluruh anggota keluarga. Walau tak jarang ada juga individu yang lebih suka bepergian sendirian. Dengan berlibur bersama anggota keluarga, maka akan terjalin quality time yang lebih berkualitas, sehingga bisa lebih mempererat hubungan antar anggota keluarga. 

Misalnya saja ada ayah yang terlalu sibuk bekerja sehingga hampir tidak pernah tahu kondisi anak-anaknya. Dengan liburan bersama, maka ayah bisa lebih mendekatkan diri dengan anak-anaknya. 

Bagi kalian yang ingin mencoba liburan lebih sedikit berkesan, tentu saja bisa mengagendakan jadwal ke luar kota bersama pasangan maupun keluarga besar. 

Namun bagaimana jika dana yang kita punya ternyata jumlahnya minimalis, sedangkan kita sangat ingin berlibur dengan melakukan traveling ke luar kota. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi tips traveling dengan budget minimalis dan tetap dapat kenangan berkesan.

Traveling Dengan Budget Minimalis? Why Not! 

Dulu saya berpikir liburan traveling ke luar kota itu memakan biaya yang tidak sedikit. Sempat mengurungkan niat untuk berlibur ke luar kota bersama suami, namun keinginan ternyata lebih besar dari ekspektasi.

Saya pun berinisiatif mencoba menggunakan kemudahan teknologi untuk menyusun rencana traveling ke luar kota. Kali ini tidak jauh, masih seputar Jawa Timur saja yaitu kota Batu.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa kalian gunakan ketika ingin banget traveling ke luar kota dengan budget minimalis. 

1. Rencanakan Liburan Jauh-jauh Hari

Kalau saya sih berusaha ambil cuti traveling ke luar kota tidak bersamaan dengan libur anak sekolah ataupun perayaan hari besar keagamaan. Hal ini dikarenakan tempat-tempat wisata bisanya akan lebih padat pengunjung dibanding hari biasa.

Selain itu pula jika berlibur mendekati perayaan hari besar keagamaan, biasanya harga tiket transportasi melonjak drastis. Saya pun menyiasati untuk traveling ke luar kota dengan rencana sejak jauh-jauh hari. 

Misalnya saja ingin berangkat di bulan April, maka sejak 

2. Manfaatkan Promo Aplikasi Pemesanan Tiket

Perkembangan teknologi tentu harus kita ambil sisi positifnya, yaitu mempermudah aktivitas keseharian. Nah, salah satunya adalah teknologi mempermudah kita untuk bisa berlibur. Caranya tentu saja dengan memesan tiket akomodasi, hotel bahkan memesan makanan melalui aplikasi yang ada di gadget kita.

Saya sering sekali memanfaatkan promo yang ditawarkan oleh aplikasi pemesanan tiket. Walau bagi sebagian orang mungkin nominal diskonnya tak seberapa, namun ada kepuasan tersendiri apabila bisa mendapatkan
tiket akomodasi dengan harga miring.

3. Cari Penginapan dengan Harga Terjangkau 

Jangan gengsi ketika traveling ke luar kota harus menginap di penginapan dengan biaya sewa murah. Asal nyaman dan layak untuk dijadikan tempat menginap sehari dua hari, maka saya dan suami akan memilihnya.

Saya selalu mengingat bahwa budget yang dimiliki minimalis, sehingga kami berusaha bagaimana tetap bisa mendapatkan pengalaman berkesan ketika berlibur namun dengan biaya yang sederhana.

Untuk mencari penginapan dengan harga murah, lagi-lagi saya memanfaatkan aplikasi pemesanan hotel. Ada banyak sekali aplikasi pemesanan hotel beserta fasilitasi yang diberikan. Karena liburan telah direncanakan jauh hari sebelumnya, maka pastikan untuk memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Penutup

Demikian sedikit tips sederhana dari saya ketika ingin traveling dengan budget minimalis. Tetap sebelum merealisasikan impian traveling, tidak lupa setiap bulan sisihkan uang untuk ditabung ya. Walaupun dengan Budget minimalis tapi tetap saja liburan harus keluar uang juga kan. 

Blog mengenai Lifestyle dan Traveling cukup banyak membahas mengenai tema-tema tentang berbagai hal, salah satunya adalah tema tentang liburan. Kalian bisa mencari tips lainnya seputar liburan, hotel budget dan tempat-tempat wisata seru untuk dikunjungi di blog yang membahas seputar lifestyle dan traveling. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Tips Traveling Dengan Budget Minimalis"

  1. Aakkk aku udah kangen bangettt ngetrippp mba.
    Pengin euyy traveling dgn kluarga.

    Biar main nya asoyyy, mau terapkan tips² ini ahhhh

    BalasHapus
  2. Bener banget ya kalau liburan tuh pasti butuh banyak perintilan apalagi bawa rombongan keluarga. Mesti pinter atur budget buat liburan. Biar dana buat kebutuhan lainnya nggak terusik.

    BalasHapus