Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Menggunakan Canva Untuk Bloger

Manfaat Menggunakan Canva
Source:Pexel


Siapa di sini bloger yang belum pernah sama sekali menggunakan aplikasi Canva untuk membuat infografis pada blognya? Kalau belum, maka bisa mulai sekarang untuk belajar dan memahami bagaimana Canva bekerja dalam membantu menampilkan gambar yang menarik di blog kita. Bisa dibilang Canva merupakan satu dari sekian seni gambar yang bisa dimanfaatkan untuk menggali kreativitas kita sebagai bloger.

Beberapa orang suka melakukan kegiatan Doodle atau yang biasa disebut kegiatan corat-coret. Ketika seseorang melakukan kegiatan doodle, maka walau dalam bentuk coretan sederhana namun terkadang memiliki makna yang mendalam.

Saya pribadi terus terang bukan orang yang pandai menggambar. Waktu duduk di bangku sekolah, saya tidak percaya diri ketika ada kelas menggambar dan disuruh menggambar oleh guru. Gambar saya sangat kaku dan seperti tidak ada "ruh"nya, hahaha. Syukurlah masa-masa itu sudah lewat sehingga saya tidak perlu stress ketika tiba pelajaran menggambar.

Berbicara mengenai desain infografis di blog, dahulu saya termasuk bloger yang gaptek juga. Saya masih bingung hendak mencari gambar dimana untuk mempercantik artikel. Pertama kali banget saya bertemu dengan Picarts dan mulai mendesain infografis blog menggunakan aplikasi itu. 

Seiring berjalannya waktu, saya mengikuti banyak komunitas dan grup bloger di WhatsApp, akhirnya dipertemukan dengan satu aplikasi yang cukup user friendly hingga tak terasa hampir 3 tahun menemani saya untuk membuat desain gambar pendukung artikel di blog.

Yap, aplikasi tersebut adalah Canva dimana dapat kita install malalui gadget ataupun login di Personal Computer. Terkadang saya sampai lupa waktu ketika mendesain gambar di Canva.

Beberapa kegunaan aplikasi Canva dalam kehidupan sehari-hari, misalnya:
  1. Bisa membuat presentasi menggunakan Canva. Jika dulu kita harus menguasai Microsoft Power Point untuk bisa melakukan presentasi, sekarang ada Canva yang bisa menggantikannya. Walau menurut hemat saya, menguasai ilmu itu wajib hukumnya sehingga jangan tinggalkan juga kemampuan mengoperasikan Power Point yah.
  2. Membuat desain untuk blog, desain untuk brosur maupun kartu nama. Jadi ceritanya saya berniat membuat kartu nama dengan branding sebagai bloger. Namun saya tak punya budget lebih untuk menggunakan jasa desain kartu nama. Akhirnya saya berinsiatif untuk mendesain kartu nama sendiri di Canva, lalu menyerahkan kepada langganan percetakan untuk kemudian diproduksi. Dengan mengeluarkan biaya Rp. 30.000, saja maka kartu nama pun sudah dapat saya miliki
  3. Canva bisa membuat video. Jangan kuatir bagi kalian seorang konten kreator yang setiap hari dituntut untuk membuat video. Dengan menggunakan Canva maka akan ada banyak pilihan template video yang menarik.
  4. Canva bisa membantu membuat konten media sosial. Saat ini perkembangan informasi melalui media sosial sudah semakin pesat. Salah satu konten media sosial yang sering saya amati adalah Instagram dimana banyak influencer yang membuat feed mereka dengan cantiknya. Setelah saya perhatikan dan googling, ternyata memang ada berbagai template di Canva yang bisa kalian gunakan untuk posting di Instagram. Modelnya pun unik dan menarik sih menurut saya.

Canva dan Bloger: Satu Kesatuan tak Terpisahkan

Setelah terjun ke dunia blogging, bisa dibilang saya pun harus belajar untuk bisa mendesain gambar walau sederhana. Saya akui bahwa diri ini bukan individu yang kreatif dalam mendesain namun punya kemauan. Kalau tidak punya kemauan, maka blog saya isinya hanya tulisan saja donk. Kan sayang juga, kurang menarik jadinya.

Sebenarnya banyak sekali aplikasi atau situs penyedia gambar gratis yang bisa dimanfaatkan oleh para bloger untuk mendukung tulisan mereka. Namun saya pribadi penasaran dengan aplikasi Canva dan ingin mencoba mendesain sendiri. Akhirnya saya pun berlangganan Canva Pro sehingga bisa memilih templat pro yang pilihannya lebih banyak.

Banyak sekali manfaat menggunakan Canva untuk para bloger, diantaranya:

1. Membantu Membuat Infografis Pendukung Artikel

Ibarat sayur akan hambar tanpa taburan garam di dalam kuahnya. Kecuali Anda yang sedang berdiet lho, hahaha. Nah, sama halnya ketika seorang bloger menulis artikel di blognya maka gambar atau infografis merupakan salah satu elemen pendukung untuk menarik minat pembaca sebuah tulisan. 

2. Meningkatkan Kreativitas Bloger

Biasanya ketika seorang blogger sudah menguasai semua fitur Canva, maka akan ada keinginan untuk lebih memperdalam ilmu desainnya. Bisa dibilang desain Canva tidak serumit di Corel Draw atau Photoshop namun dari hal sederhana inilah kita bisa mengasah kreativitas.

Kalau kalian sendiri suka pakai Canva karena apa? Yuk ceritakan di kolom komentar.


Posting Komentar untuk "Manfaat Menggunakan Canva Untuk Bloger"